Tampilan Desktop



Pemda Buton Menunggak Listrik Sampai 130 juta
54 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) menunggak iuran listrik sejak awal tahun 2017 ini.

Kepala PLN Buton, Sigit Pamungkas, mengatakan, tunggakan listrik itu mencapai Rp 130 juta pada kantor Bupati, dinas – dinas lama serta dan juga lampu jalan.

Pemda Buton Menunggak Listrik Sampai 130 juta

Ilustrasi

“Untuk jumlah tunggakkannya bervariasi pada kantor bupati lama, dinas-dinas lama selama dua bulan. Sedangkan lampu jalan sudah delapan bulan belum dibayarkan,” ungkap Sigit ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/3/2017).

Adapun lampu-lampu jalan yang belum dibayar yang berada di Kecamatan Lasalimu dan Ibu Kota Kecamatan. Lampu jalan menjadi tanggungjawab dinas pendapatan, dan pemeliharaaan lampu menjadi tanggungjawab dinas perindustrian.

“Lampu jalan itu dinas sosial, namun untuk kantor lama jika lebih dari tiga bulan belum dibayarkan maka akan dicabut meterannya,” ujarnya.

Baca Juga : Listrik Padam dari Pagi Hingga Sore, Warga Lempari PLN Pasarwajo

Meski menunggak, pihaknya tidak membebani denda karena jika pemakaiannya dari pemerintah maka tidak kena denda kecuali masyarakat biasa. Menurut Sigit, sebenarnya kalau lebih dari tanggal 20 menjadi tunggakan dan bila lebih dari tiga bulan akan diputus karena ini bisa mendatangkan kerugian bagi PLN.

“Pasti kalau tidak dibayar kita rugi, kita dari PLN sudah keluarkan biaya tapi tidak pendapatan,”ujarnya.

Sementara Kepala Dinas (Kadis) Pendapatan Daerah Awaluddin, mengakui bahwa pemda Buton sudah menunggak pembayaran listrik, hal itu terjadi karena anggaran daerah baru cair pada bulan Februari.

“Anggaran baru cair Bulan Februari, itupun baru sebagian sehingga listrik baru kita bayarkan sekitar Rp 36 juta masih ada tunggakan lagi,” ujarnya.

Pihaknya sudah bersurat ke dinas-dinas terkait untuk membayar listrik, namun untuk lampu jalan akan dibayarkannya minggu ini. Sebab, bendahara pendapatan masih ada kegiatan keluarga.

” Mudah-mudahan dalam minggu ini sudah bisa kita bayarkan. Pemda tidak sengaja menunggak pembayaran listrik, namun masih menunggu pencairan anggaran dari keuangan,” tukasnya. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com