Tampilan Desktop



Pemda Buton Utus 11 Orang Ikut Penas Kontak Tani di Aceh
34 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Sebanyak 11 orang diutus sebagai perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) Buton untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) kontak tani se Indonesia yang diselenggarakan di Provinsi Aceh, pada tanggal 6 – 11 Mei 2017 mendatang.

Penas XV Aceh

Penas XV 2017 Aceh

“Kesebelas orang tersebut, lima orang dari pendamping termaksud saya, kepala bidang penyuluhan, kepala seksi, petugas pertanian kecamatan dan koordinator penyuluh,” kata Kepala Dinas Pertanian Buton, Azizu di ruang kerjanya, Kamis (23/3/2017).

Ditambah empat orang petani yang mempunyai kelebihan dan kemampuan memperagakan keahliannya, dan dua dari lembaga Kontak Tani Nelayan (KTNA).

Tidak itu saja, lanjut Azizu, kegiatan Penas juga akan diikuti peninjau dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti sekretariat pemda, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan dan Dinas Perindustrian.

Penas ini bertujuan untuk bisa melihat bagaimana kemajuan pertanian di seluruh indonesia, termasuk peragaaan semua hasil teknologinya. Kegiatan Penas tahun ini lebih didominasi oleh tanaman pangan, empat tahun lalu didominasi holtikultura seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Dan kegiatan ini sangat penting, karena diselenggarakan empat tahun sekali,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan membawa komiditi-komiditi andalan yang bersifat spesifik, sekaligus mempromosikannya seperti Kopi Kaongke-Ongkea, Jambu Mete, Jeruk Siompu, dan beras khas lokal.

Untuk itu, Ia berharap setelah pulang dari kegiatan Penas, para petani nantinya bisa menularkan semua ilmu yang sudah didapat dan bisa diterapkan di daerah. Harapannya, para petani Buton bisa hidup sejahtera dan bersaing dengan petani-petani yang sudah maju. (C)

 

Reporter : Nanang
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free