Tampilan Desktop



Pemda Butur Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir
81 Dibaca

Pemda Butur Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir PENYALURAN BANTUAN – Petugas Dinas Sosial Butur saat bersiap menuju lokasi untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terendam banjir di Kecamatan Kulisusu Barat. Penyaluran bantuan tersebut merupakan upaya Pemda dalam mewujudkan kepedulian terhadap korban bencana banjir di Butur. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga yang terendam banjir di Desa Lapandewa dan Kasulatombi Kecamatan Kulisusu Barat.

Sekretaris Dinas Sosial Butur Samadin menyampaikan berdasarkan tinjauan dilapangan, pihaknya memeroleh data sebanyak 129 Kepala Keluarga (KK) yang terendam banjir. Jumlah tersebut, lanjut dia, sebanyak 123 KK di Desa Lapandewa, dan enam KK di Desa Kasulatombi.

Pemda Butur Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir“Ini hasil dari tinjauan kami di lapangan. 129 rumah terendam dua desa. 123 Desa Lapandewa, 348 jiwa. 6 KK Desa Kasulatombi, 33 jiwa. Anak sekolah SD 32 laki-laki 43 perempuan, SMP 16 lakilaki 19 perempuan, SMA 39 lakilaki 27 perempuan,” rincinya saat ditemui di kantornya, Senin (15/5/2017).

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan itu merupakan upaya pemda dalam mewujudkan kepedulian terhadap korban bencana di wilayahnya. Adapun bantuan yang disalurkan berupa pakaian, perlengkapan keluarga, sekolah, dan perlengkapan bayi.

Bantuan tersebut, lanjut Samadin, berasal dari Kementerian Sosial, yang dikucurkan ke Provinsi hingga Kabupaten. Ia juga mengungkapkan bahwa persediaan saat ini masih cukup, namun selain dua desa tersebut, masih ada beberapa desa yang perlu mendapatkan bantuan serupa.

“Sebenarnya ini masih bisa kita salurkan lebih banyak lagi, tapi karena yang masih ada laporannya sama kita dua desa dulu. Jadi, sementara juga padahal ada juga desa-desa yang lainnya,” jelasnya.

Mengenai penyaluran, ia pun menjamin bantuan tersebut bakal tepat sasaran. Sebab, lanjut dia, yang melakukan pendataan di lapangan bukan hanya Dinsos sendiri, namun dilakukan secara bersama-sama dengan beberapa pihak lain.

“Kita kerahkan dari sini anggota 7 orang termasuk saya sendiri dengan para kepala bidang. Kemudian kita dibantu anggota Tagana di sana, kemudian Kepala Desa langsung turun mengecek, bahkan dengan pihak Polsek Kulisusu Barat turun langsung lapangan,” terangnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com