Tampilan Desktop

Pemda Kolaka Sertifikasi 80 Pencari Kerja
47 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan sertifikasi terhadap 80 orang pencari kerja di daerah itu.

Sertifikasi itu dilakukan langsung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) Indonesia dalam program Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) , di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka, Kamis (15/10/2015).

Asisten 1 Pemda Kolaka Muhammad Ismail Bela mengatakan, sertifikasi itu dilakukan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal agar memiliki daya saing global.

foto skkni“Sertifikasi ini penting kita lakukan agar tenaga kerja lokal kita bisa diterima di perusahaan-perusahaan skala global. Apalagi tahun depan kita sudah memasuki pasar tenaga kerja global, otomatis persaingan tenaga kerja lokal dengan asing akan semakin tinggi,” jelas Ismail saat membuka kegiatan sertifikasi itu.

Sebelum disertifikasi, 80 peserta itu terlebih dahulu akan mengikuti bimbingan tekhnis yang dilakukan di tempat yang sama. Setelah mendapatkan materi selama satu hari, para peserta langsung menjalani ujian SKKNI.  

“Dulu pelatihan dan uji kompetensi ini dilakukan di Jakarta. Namun, kebutuhan itu berasal dari Pemda Kolaka maka kegiatan ini kita adakan di Kolaka dan ini merupakan uji kompetensi yang pertama kali dilakukan di Sultra,” kata Ismail.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com