iklan zonasultra

Pemda Kolut Latih Ratusan Imam Masjid

Pemda Kolut Latih Ratusan Imam Masjid
PELATIHAN - Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kabupaten Kolaka Utara (kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bagian Kesejatraan Rakyat (kesra) menggelar pelatihan kepada imam masjid di 133 Desa dan Kelurahan di 15 kecamatan guna memperkuat kualitas bacaan pada saat ibadah shalat. (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bagian Kesejatraan Rakyat (Kesra) menggelar pelatihan imam masjid yang ada di 133 desa dan kelurahan di daerah itu untuk memperkuat kualitas bacaan ayat Alquran pada saat memimpin shalat.

Kepala Subbagian (Kasubag) Pembinaan Masyarakat Bagian Kesra Pemda Kolut, Muh Suqri mengatakan pelatihan tersebut digelar selama dua hari dengan membagi peserta per kecamatan agar materi yang diberikan bisa terserap dengan baik.

“Gelombang pertama, delapan kecamatan. Sementara gelombang kedua, tujuh kecamatan masing-masing diwakili oleh imam masjid yang direkomndasikan setiap desa, sesuai suarat edaran kami,” kata Suqri, Rabu (28/11/2018).

Kata dia, kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan oleh Pemda Kolut. Tujuannya, mempertajam kemampuan imam dalam menjalankan tugasnya di desa masing-masing serta memperkuat kualitas sumber daya manusia di bidang keagamaan.

Sejumlah materi yang diberikan dalam acara ini adalah tatacara penyelengaraan jenazah, tugas dan tanggung jawab imam di desa yang meliputi pencatatan buku nikah dan sebagai pembantu penghulu serta. Ada juga materi tentang metode tajwid.

Suqri menjelaskan, pelaksanaan pelatihan ini dilatarbelakangi banyaknya masukan dari masyarakat di luar kabupaten Kolut setelah mendengar bacaan Alquran sejumlah imam masjid di daerah itu yang masih perlu disempurnakan saat memimpin shalat.

Sementara itu, Sabriato, imam masjid desa Tolala yang menjadi peserta dalam kegiatan itu mengaku antusias mengikuti pelatihan tersebut. Selain cara memimpin shalat, imam masjid juga kerap memberikan pemahaman tentang agama khususnya kandungan Alquran dan hadist kepada jamaahnya.

“Materi ini sangat bermanfaat karena tentang pemahaman agama yang bisa diaplikasikan kepada jamaah,” kata Sabrianto. (B)

 


Kontributor : Rusman Edogawa
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib