Tampilan Desktop



Pemda Konawe Kuatkan Perekonomian Masyarakat Desa Melalui BUMDes
71 Dibaca

Pemda Konawe Kuatkan Perekonomian Masyarakat Desa Melalui BUMDes PELATIHAN BUMDes – Pemerintah Kabupaten Konawe bersama Pusat Konsultasi Pemerintah Daerah (PKPD) menyelenggarakan pelatihan kepada pengurus BUMDes se-Kabupaten Konawe di Hotel Grand Clarion Kendari, 14-15 Juli 2017). Untuk meningkatkan kapasitas pengurus BUMDes sehingga dapat menguatkan perekonomian masyarakat desa. (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe meningkatkan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), untuk menguatkan tingkat perekonomian masyarakat desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe, Sulwan Abunawas mengatakan, BUMDes adalah salah satu badan perekonomian desa yang dibentuk dan dimiliki oleh pemerintah desa dengan pengelolaan secara mandiri dan profesional. Kepemilikan modal sebagian besar atau seluruhnya merupakan kekayaan desa yang dipisahkan dan ditetapkan melalui peraturan desa.

Potensi desa sesungguhnya sangatlah besar, namun belum digunakan secara optimal sehingga kurang memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan perekononian masyarakat desa. Karena itu, melalui BUMDes, potensi di setiap desa dapat dikelola dengan baik sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat desa.

Dalih utama pengembangan BUMDes sebagai pengembangan ekonomi masyarakat desa, yaitu bertujuan untuk menyediakan lapangan kerja, mengoptimalisasi sumber daya lokal, penanggulangan permasalahan kemiskinan, dan penanggulangan permasalahan urbanisasi.

“Dengan adanya BUMDes di setiap desa, diharapkan berperan sebagai instrumen penguatan otonomi desa sehingga mendorong prakarsa masyarakat untuk mengembangkan potensi desanya sesuai dengan kemampuan dan kewenangan desa,” kata Sulwan di Kendari, Minggu (16/7/2017).

Selain itu, BUMDes juga berperan sebagai instrumen kesejahteraan masyarakat, juga dapat mendorong kesempatan berusaha di desa serta meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Sementara itu, Koordinator Pusat Konsultasi Pemerintah Daerah (PKPD) Wilayah Sultra, Olivia Pangaibali mengatakan, BUMDes ini merupakan program Nawacita yang dicanangkan Presiden RI untuk membangun negeri yang diawali dari desa. Olehnya, pemerintah desa dan pengurus BUMDes dibekali pemahaman yang dapat menunjang kesuksesan pengelolaan BUMDes di desa mereka masing masing.

Demi meningkatkan kapasitas pengelolaan BUMDes, maka para pengurus harus berkonsultasi secara langsung kepada pihak terkait agar dapat menciptakan desa yang mandiri.

Sebagai bentuk upaya tersebut, PKPD bersama Pemerintah Kabupaten Konawe menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Konawe 2017 di Hotel Grand Clarion Hotel Kendari. (A)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com