Pemda Konawe Perkuat UMKM Melalui BUMDes

0
Kery : Saya Butuh 8 Tahun Untuk Membangun Konawe
​Bupati Konawe, Kery Syaiful Konggoasa

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pilar perekonomian masyarakat setempat khususnya bagi .

Kery : Saya Butuh 8 Tahun Untuk Membangun Konawe
Kery Syaiful Konggoasa

“Peran BUMDes sangat selaras dengan kebijakan pemerintah untuk menggali potensi atau memberi perlindungan terhadap para petani dan pemilik UMKM di desa, baik pembibitan, pendampingan berupa penyuluhan/pembinaan, maupun pemasaran,” kata Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu menilai, pembentukan BUMDes dipandang sejalan dengan konsep membangun pedesaan mandiri yang terus digalakkan di daerah ini.

“Saya mengharapkan, dengan adanya manajemen dan pengelolaan yang baik, maka BUMDes akan dapat berkembang serta mampu meningkatkan pendapatan masyarakat,”katanya.

Ia menjelaskan, BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Hal ini telah diatur dalam Permen Desa Nomer 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengurus dan pengelola dan pembubaran BUMDes, yang menjadi pedoman bagi daerah dan Desa dalam pembentukan dan pengelolan BUMDes itu.

“Pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, sehingga BUMDes memiliki peranan yang sangat penting dan strategi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya. (B)

 

Reporter : Dedi Finafiskar
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here