Tampilan Desktop

Pemda Konawe Tetapkan Besaran Zakat Fitrah, Ini Nominalnya
48 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Jelang Ramadhan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui instansi terkait telah menetapkan besaran zakat fitrah yang wajib dibayarakan oleh umat muslim saat bulan puasa. Adapun nominalnya yakni sebesar Rp. 27.000 atau dengan tiga liter beras per orang.

Wakil Bupati Konawe Parinringi menjelaskan, untuk nominal zakat fitrah ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Hal itu itu dilakukan karena kondisi perekonomian masyarakat bawah sedang tidak stabil.
“Besaran zakar fitrah ini ditetapkan setelah kami berkoordinasi dan sepakat dengan tim dari kementerian agama dan juga Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Konawe,” kata Parinringi di ruang kerjanya, Senin (15/06/2015).
Terkait adanya isu yang mengatakan sebagian hasil dari pembayaran zakat fitrah akan masuk dalam kas daerah, menurut Parinringi itu sama sekali tidak benar. Menurutnya, zakat yang terkumpul itu nanti akan diberikan kepada masyarakat yang dinilai tidak mampu.
“Karena zakat fitrah ini bukan seperti zakat mal ataupun zakat profesi, jadi tujuan kita membayar zakat ini adalah untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang tidak mampu. Memang tahun ini zakat fitrah ini kita betul-betul prioritaskan untuk masyarakat dan untuk teknisnya itu ditentukan oleh tim dari kementerian agama yang akan mengatur petugas penerima zakat fitrah di wilayah pedesaan,” jelasnya. (**Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com