Tampilan Desktop



Pemda Konsel Canangkan Taman Nasional Rawa Aopa Jadi Kawasan Ekowisata
57 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Daerah Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), mencanangkan gerakan pemamfaatan Taman Nasional Rawa Aopa (TNRA) yang terletak di Kecamatan Angata sebagai wilayah pengembangan ekowisata terintegrasi.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan bahwa Taman Nasional Rawa Aopa sangat cocok menjadi tempat pembudidayaan ikan air tawar, serta pemberdayaan potensi pertanian untuk menggerakkan dan meningkatkan tingkat perekonomian warga.

Surunuddin Dangga

Surunuddin Dangga

“Kita akan buatkan sentra pemeliharaan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis, selain itu kita kembangkan potensi pertanian seperti tanaman sagu yang sudah menjadi makanan nasional,” ungkap Surunuddin ditemui di Andoolo, Sabtu (4/11/2017).

Lebih jauh, mantan anggota DPRD Sultra ini menjelaskan jika penataan tempat pariwisata dapat dikelola dengan indah, bersih serta pengembangannya berhasil dengan baik dengan segala keunikan yang diberikan bagi wisatawan. Tentunya nanti bakal menarik minat para wisatawan sehingga berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

“Integrasi ekowisata melalui pembudidayaan ikan air tawar dan hasil pertanian di taman nasional ini banyak manfaatnya, karena selain bisa dikomsumsi juga bisa dijual untuk menambah pendapatan warga serta pendapatan asli daerah,” lanjutnya.

Tambah Surunuddin, untuk mendukung program ini, pihaknya bakal mendorong pemerintah desa setempat untuk bersinergi bersama pemerintah kabupaten dengan memanfaatkan penggunaan dana desa (DD) dalam proses pengembangan potensi ekowisata ini.

“Sarana dan prasarananya masih kurang jadi kita dorong dan kembangkan melalui pemamfaatan Dana Desa, agar pemerintah Desa dan masyarakatnya ikut bertanggung jawab, mengembangkan serta memperhatikan program yang kita canangkan, sambil kita focuskan untuk di anggarkan pencanangan ini mulai tahun ini, melalui pembahasan APBD Tahun 2018 mendatang,” paparnya.

Beberapa obyek wisata lain juga menjadi perhatian Surunuddin di Konsel, diantaranya obyek wisata air jatuh Namu dan pesisir pantainya, Moramo, pemandian air panas Kaindi, pemandian Torobulu dan beberapa obyek wisata lainya. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free