Tampilan Desktop



Pemda Konut Target 15 juta Wisatawan Pertahun Mengunjungi Pulau Labengki
132 Dibaca

Pemda Konut Target 15 juta Wisatawan Pertahun Mengunjungi Pulau Labengki

JUMPA PERS Bupati Konawe Utara, Ruksamin bersama mantan ketua Mahkama Konstitusi, Hamdan Zoleva saat memberi keterangan terkait pengembangan wisata pulau Labengki. Bertempat di lokasi wisata pulau Labengki. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), menargetkan 15 juta orang wisatawan yang akan berkunjung di Pulau Labengki selama setahun. Untuk itu, dalam pengembangannya Pemda Konut menggandeng para investor dari berbagai kalangan yang akan menanamkan modalnya.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, pemda konut mempunyai kewajiban mempromosikan pulau penghasil kima itu secara utuh, sehingga bisa sejalan dengan program Pemerintah pusat dalam pengembangan wisata daerah.

Menurut mantan Ketua DPRD Konut ini, pihaknya terus berbenah dalam penataan infarastruktur di pulau tersebut, seperti fasilitas ke lokasi penyeberangan dan pelabuhan agar lebih lebih mudah dijangkau dan mempunyai daya tarik.

“Target kita kan sudah jelas dalam program segi tiga berlian untuk mengembangkan wisata di Konut ini Itu jalan satu kali paketnya dengan wisata air panas Wawolsea dan Taipa,” ungkap Ruksamin kepada awak media Zonasultra.com, Selasa (13/12/2016).

Sedangkan untuk retribusinya, Lanjut, Ketua DPW Partai Bulan Bintang ini, pihaknya tak akan membebani kepada pihak pengelola, namun kepada para wisatawan yang berkunjung. Hal itu sesuai UU nomor 28 tentang pajak dan retribusi.

“Jadi, terhadap investor yang datang kami welcome dan kita akan fasilitasi. Semakin banyak orang datang, akan semakin banyak PAD kita,” terangnya.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Konut, Yade Rianto mengaku optimis, puluhan juta wisatawan dari manca negara tiap tahunnya dipastikan akan berkunjung ke Konut untuk menikmati berbagai wisata. Namun, saat ini, pihaknya belum bisa menentukan besaran retribusi dikarenakan fasilitas yang belum memadai.

“Yang berkunjung sekarang sekitar 500 orang perbulan, kita harus pahami anggaran kita terbatas karena turunnya anggaran yang disalurkan. Tapi kita sudah mempromosikan dan itu cara kita untuk melakukan pendekatan, insya allah semua akan tercapai,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Jefri Ibnu
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com