Tampilan Desktop


Pemda Muna Kembangkan Destinasi Wisata Unggulan
120 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Muna telah merancang sebuah program kepariwisataan tahun 2016 mendatang pada tiga obyek wisata unggulan. Ketiga obyek wisata alam tersebut adalah Danau Napabale di kecamatan Lohia, Gua Liang Kobori juga di kecamatan Lohia dan penataan obyek wisata Pantai Bungin Pinungan di wilayah Kecamatan Towea.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Muna, Nursina Taeda mengatakan, bahwa saat ini pihaknya telah mengajukan usulan program pembiayaan kepada pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar ketiga ketiga obyek itu mendapat perhatian khusus demi untuk pengembangan obyek wisata riset penelitian, arkeologi dan wisata alam.

“Kami sudah mengajukan proposal kepihak kementerian pariwisata untuk program penataan kawasan obyek wisata unggulan di kabupaten Muna yaitu Danau Napabale, Gua pra sejarah Liang Kobori dan Pantai Bungin Pinungan,” kata Nursina di Kendari, Selasa (13/10/2015)

Selain itu, terdapat obyek wisata gua lainnya bernama Gua Lambu Raya yang berarti rumah besar. Gua yang terletak di Desa La Iba, Kecamatan Parigi ini diyakini sebagai tempat hunian orang zaman dahulu karena di dalamnya memiliki ruang kamar yang cukup luas.
Bila ditelusuri gua Lambu Raya ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dan lebar 10 hingga 15 meter sementara panjanggua mencapai  30 kilometer yang ujungnya berakhir di Desa Walengkabola.

“Kami juga mengundang beberapa ahli arkeologi untuk melakukan riset tentang keberadaan gua Lambu Raya ini sehingga kedepannya bisa dijadikan obyek wisata penelitian ,” ujar Nursina.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com