Tampilan Desktop

Pemda Siapkan Rp 7 M untuk Biaya Pilbub Kolaka
39 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7 miliar dalam APBD 2017 untuk membiayai tahap awal proses pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati (pilbub) yang berlangsung tahun 2018 nanti.

ahmad_safei

Ahmad Safei

Pernyataan tersebut dikemukakan Bupati Kolaka, Ahmad Safei di Pendopo Rujab Bupati Kolaka, Selasa (16/11/2016).

“Tujuh miliar kita akan kasihkan dulu, itu karena proses tahapan pemilihan 2018 sudah harus dimulai tahun 2017. Sambil kita tunggu hasil perhitungan yang pas untuk total keseluruhan nanti,” kata Safei.

Terkait total nominal sebesar Rp 29 miliar yang sebelumnya telah diajukan oleh KPUD Kolaka, Safei mengaku belum bisa menilai kepantasannya, sebab hal itu masih akan dikonsultasikan kepada BPKP.

“Ada hitung-hitungannya itu, makanya kita serahkan kepada yang kompeten untuk melakukan penilaian, apakah sudah tepat atau bagaimana. Kalau sudah begitu ya kita anggarkan,” tambahnya.

Sebelumnya Ketua KPUD Kolaka, Lukman mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengajukan rancangan anggaran pelaksanaan Pilbup Kolaka sebesar Rp 29 miliar.

Angka nominal tersebut menurut Lukman sudah mencakup seluruh konsekwensi pembiayaan yang tahapannya diperkirakan telah dimulai pertengahan 2017 mendatang.

“Itu sudah minimalis sebab ada beberapa konsekwensi pembiayaan yang jauh berbeda dengan pilbup lalu, terutama honor ketua dan anggota PPK yang naik hampir satu jutaan, dan juga biaya pemeriksaan kesehatan dan bebas narkoba yang hampir pasti dilakukan di luar Sultra,” kata Lukman, Kamis (10/11/2016) lalu.

Tes kesehatan dan keterangan bebas Narkoba tambah Lukman, hampir pasti dilakukan di luar Sultra mengingat adanya penambahan item pemeriksaan rambut untuk memastikan seseorang bebas dari narkoba.

“Nah, yang itu besar biayanya, karena lebih lengkap. Sementara di sini kita belum punya peralatan untuk mendeteksi itu,” pungkas Lukman.(B)

 

Editor  :  Tahir Ose
Halaman : Kolaka

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com