Pemda Wakatobi Berjuang Dapatkan MoU LPDP

0
Arhawi - Bupati Wakatobi

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi, tengah berjuang mendapatkan peluang MoU dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Wakatobi memiliki kesempatan besar untuk melakukan kerjasama resmi yang permanen berupa beasiswa pendidikan tahun di 2017 ini.

Nadar
Nadar – Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi Nadar, yang secara langsung sudah bertemu dengan pihak LPDP, sangat optimis dan yakin Pemda Wakatobi akan menjemput kesempatan emas itu.

Menurutnya, yang paling fundamental, Pemda Wakatobi diprioritaskan dalam MoU dengan LPDP tersebut.

“Kita akan menjemput peluang itu dan Wakatobi juga diprioritaskan dalam hal tersebut. Utamanya bagi anak-anak Wakatobi yang memiliki potensi khususnya secara akademi dan penguasaan bahasa asing,” ungkapnya, Jumat (3/3/2017).

Jika MoU ini telah diteken, kata Nadar, maka peluang lain yang dimiliki pemda setempat adalah dijadikannya sebagai lokasi mini riset dari alumni-alumni LPDP terbaik dalam negeri maupun luar negeri.

Pemda Wakatobi Berjuang Dapatkan MoU LPDP
Arhawi – Bupati Wakatobi

Kendati demikian, akan ada pembagian tanggung jawab antara pemda dan LPDP. Anggaran pendidikan LPDP yang akan menanggungnya dan Pemda yang akan mempersiapkan pra studinya.

“Surat resmi dari Bupati Wakatobi telah diterima, kalau sudah ok dan terealisasi maka pemda mesti mempersiapkan anak-anak terkhusus yang akan lulus SMA yang memiliki potensi yang didukung dengan bahasa asing,” jelasnya.

Bupati Wakatobi Arhawi menyambut baik hal ini. Dia mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang sangat luar biasa, karena sebelumnya dengan menggunakan APBD, juga memberi kesempatan kepada putra-putri daerah untuk melanjutkan studi di luar daerah.

“Jika terobosan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata ini sukses, bakal ada anak-anak daerah yang akan melanjutkan studi baik di dalam maupun di luar negeri dengan anggaran yang sepenuhnya ditanggung oleh LPDP, bukan daerah,” tukas Arhawi, Jumat, (3/3/2017). (B)

 

Reporter : CR 1
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here