Tampilan Desktop



Pemerintah Rencana Bangun Jembatan Penghubung Pulau Buton dan Muna
1370 Dibaca

Pemerintah Rencana Bangun Jembatan Penghubung Pulau Buton dan Muna PEMBANGUNAN JEMBATAN – Rapat dengar pendapat Bina Marga dan Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merencanakan pembangunan jembatan apung Buton – Muna Sulawesi Tenggara (Sultra). Rencana ini disampaikannya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Senayan.

“Jadi bersama sama dengan badan litbang Kemen PUPR, kita sedang menggagas jembatan antara Buton-Muna. Kita akan coba menggunakan jembatan apung, karena palung yang begitu dalam dan lalulintas yang belum begitu banyak,” kata Dirjen Bina Marga Arie Mawardi dalam rapat di Komisi V Gedung DPR RI, Senayan Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Pihaknya mengungkapkan bahwa jembatan apung bukan hal baru, di Amerika sudah menggunakan jembatan apung sebagai penunjang lalulintas. “Jadi kita menggunakan air sebagai fondasinya,” imbuh Arie.

Sementara itu Anggota DPR RI asal Sultra, Ridwan Bae mengaku senang dengan rencana pembangunan jembatan apung Buton-Muna tersebut. “Nah itu yang menarik, saya sudah lama teriak-teriak tentang itu. Tapi sekarang sepertinya sudah mulai ada angin bagus daan sudah mulai teranggarkan 2018,” ujar Ridwan Bae saat ditemui di sela-sela rapat tersebut.

Proyeksi Jembatan Buton-Muna Proyeksi Jembatan Buton-Muna

 

Sebelumnya, Ridwan sudah memikirkan akes jembatan untuk menghubungkan dua pulau tersebut, namun terkendala dengan kedalaman  laut yang memisakan dua pulau itu. Ia mengakui vahwa jembatan agak sulit untuk dibangun lantaran ditemui kedalaman di Tampo maupun Baruta.

“Jadi saya bayangkan jangan sampai gara-gara kedalaman itu tiang tidak bisa dibangun, tapi ternyata dengan tiang-tiang apung itu menggembirakan saya, bahwa apa yang saya perjuangkan dan yang saya teriakan kepada Pak Menteri itu akan terbangun dengan baik,” jelas Politisi Golkar ini.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada baik Menteri PUPR khususnya Dirjen Bina Marga, semoga pembangunan jembatan apung Buton-Muna dapat terealisasi dengan baik. B

Untuk diketahui berikut program strategis untuk Provinsi Sultra:
1. Pelebaran jalan batas Prov. Sulsel – Tolala – Lelewawi
2. Rekronstruksi jalan Lasalimu – Kamaru
3. Rekonstruksi jalan batas kota Raha – Tondasi
4. Pelebaran Tinanggea – Sp 3 Torobulu – Ambesia
5. Pembangunan jalan lingkar luar Kota Kendari
6. Pembangunan jembatan teluk Kendari
7. Pelebaran jalan Sp. Kampung Baru – Pomala
8. Rekronstruksi jalan Wanci – Tamapanda – jalan masuk bandara sugiminuru
9. Preservasi ruas batas Kabupaten Konawe Utara dan Pohara
10. Review FS Jembatan Buton – Muna dan Muna-Kendari
11. Pembangunan Bypass Kolaka

Reporter: Rizki Arifiani
Editor Tahir Ose

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free