Tampilan Desktop

Pemerintahan Koltim Terancam Vakum, KPU Sultra: Nur ALam Harus Segera Usulkan Pj. Bupati
10 Dibaca

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan kevakuman sangat dimungkinkan terjadi kendatipun bisa diangkat Pelaksana Harian (PLH) bupati tetapi tidak dapat mengambil kebijakan. Hal ini menurut Dayat sap

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan kevakuman sangat dimungkinkan terjadi kendatipun bisa diangkat Pelaksana Harian (PLH) bupati tetapi tidak dapat mengambil kebijakan. Hal ini menurut Dayat sapaan akrab ketua KPU ini, dapat berdampak pada persiapan KPU melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah ini, karena koordinasi dengan pemerintah setempat bisa terhambat khusus masalah anggaran dan pembentukan Badan Ad Hock.
Dayat mengatakan Pj. Bupati Koltim yang baru harus sudah menjalankan roda pemerintahan kabupaten koltim sejak 23 April 2015. Hal ini dianggap penting karena Koltim sebagai daerah otonomi baru (DOB) sesuai dengan undang-undang pemekarannya bahwa masa jabatan Pj. Bupati diperpanjang setiap Tahun dan hanya dapat diperpanjang  untuk dua tahun.
“Kemudian tahapan persiapan Pilkada akan dimulai 17 April 2015 sesuai draft Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tahapan terkait dengan penyerahan DAK2. Selanjutnya persiapan anggaran KPU Koltim sampai saat ini juga belum tuntas atau belum ada titik temu pembahasannya, dimana Sekretariat KPU Koltim Mengusulkan 13 Miliar sedangkan Pemkab Koltim terakhir menyetujui 9 Miliar,” Kata Dayat di Kantornya, Jum’at (10/4/2015).
Apabila Pj. Bupati saat ini tidak sampai menuntaskan pembahasan anggaran lanjutnya maka menunggu Pj. Bupati yang baru agar dilakukan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Dengan NPHD itu kata Dayat KPU Koltim sudah dapat menggunakan anggaran untuk kerja-kerja persiapan terkait dgn Pembentukan Badan Ad Hock (PPK dan PPS) yang akan dibentuk sejak 19 April s.d 18 Mei 2015. Hal ini sesuai dengan draft Tahapan jadwal PKPU.
“Jadi kami sarankan kepada Gubernur Sultra sejak saat ini sudah mengajukan usul penjabat Bupati Koltim agar 23 April 2015 sudah bertugas melanjutkan tugas-tugas penjabat Bupati sebelumnya terkait dengan fasilitasi Pilkada sampai dgn terpilihnya bupati dan wakil bupati Koltim yg definif,” Kata Dayat. (**Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com