Tampilan Desktop

Pemilihan Ketua Pansus RUU Pemilu Secara Mufakat
91 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pemilihan ketua Panita Khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu yang digelar gedung Nusantara II DPR RI Senayan Jakarta, Senin (21/11/2016). Amirul Tamim yang juga menjadi bagian dari anggota Pansus mengatakan bahwa pemilihan ketua dilakukan secara mufakat.

Anggota DPR RI Amirul Tamim

Anggota DPR RI Amirul Tamim

“Hari ini adalah pemilihan ketua pansus, di mana dalam MKD disebutkan pansus terdiri dari 1 ketua dan paling banyak 3 wakil ketua, oleh sebab itu 10 fraksi DPR sepakat untuk membicarakan secara musyawarah,” jelas Amirul di sela-sela rapat pemilihan ketua Pansus di , Senin (21/11/2016).

Anggota DPR asal Sulawesi Tenggara (Sultra) ini mengatakan bahwa DPR menargetkan RUU Pemilu akan selesai pada Februari mendatang.

Meskipun belum masuk pada pembahasan materi RUU Pemilu tersebut, namun Amirul membocorkan poin yang penting adalah sistem pemilu.

“Beberapa poin penting yang terkait dengan sistem pemilu yakni tawaran Pemerintah dalam draft itu terbuka terbatas, terbuka terbatas ini kalau kita pelajari lebih dalam ini sama saja dengan tertutup,” ungkap politisi dari PPP ini.

Menurut Amirul, hal ini akan menjadi perdebatan dalam pembahasan nanti mengingat partai pasti akan menginginkan yang terbaik untuk partainya.

“Masih ada beberapa poin memang perlu perdebatan dan mengharap masukan-masukan dari pihak-pihak termasuk masyarakat, kalau dari PPP bukan untuk kebaikan partai, tapi bagaimana kita mendengar negara ini,” pungkasnya.

Pihaknya menegaskan, terlepas nanti seperti apa sistem pemilu yang akan disepakati yang pasti sistem itu harus lebih baik dalam suasana demokrasi yang betul-betul mapan dari sebelumnya.

Hingga berita ini diturunkan pemilihan ketua Pansus RUU Pemilu masih diskorsing hingga malam nanti. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com