Pemilu 2019, KPU Muna Masih Kekurangan Kotak Suara

47
Tiga Komisioner KPUD Muna
Tiga Komisioner KPUD Muna

ZONASULTRA.COM, RAHA – Dari total 3.362 kotak suara yang dibutuhkan, hanya sekira 3.357 kotak yang tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak (1/2/2019) lalu.

Satu kotak, dinyatakan rusak akibat salah satu sisinya tak lengkap. Otomatis, jumlah tersebut masih kurang enam kotak suara lagi.

Ketua KPUD Muna, Kubais mengungkapkan saat ini pihaknya masih kekurangan enam kotak suara. “Kotak suara yang tiba sekitar 3357 sementara yang kita butuhkan 3362 kotak, ditambah satu kotak rusak jadi kita kekurangan enam kotak,” terang Kubais, Sabtu (9/2/2019).

Sementara satu kotak suara dinyatakan rusak karena di salah satu sisinya tak dihekter. “Satu kotak rusak karena sisinya tak dihekter. Itu diketahui pada saat perakitan. Kemungkinan kesalahan dipabrik,” jelasnya.

Perakitan kotak suara sudah dilakukan sejak enam hari yang lalu. Sementara kekurangan kotak sudah disampaikan ke Biro Logistik KPU RI. “Kekurangan langsung kita laporkan cepat, kemungkinan tambahannya akan segera tiba minggu depan,” kata Kubais.

Saat ini pihak KPU tengah menunggu surat suara sebanyak 742.529. Angka tersebut termasuk surat suara cadangan sebanyak 2 persen sesuai dengan jumlah DPTHP2 145.594.

“Untuk Muna surat suaranya sudah dicetak, sejak 29 Januari 2019. Itu yang kita tunggu. Kalau surat suara cadangan sekitar 14 ribuan. Itu untuk mengantisipasi kekurangan,” cetusnya.

Pihaknya juga tengah melakukan monitoring titik tempat penyimpanan logistik di setiap gudang di kantor kecamatan.

“Kita akan pastikan gudang penyimpanan steril. Tidak basah kalau hujan, tidak lembab dan harus ditempat terang,” imbuhnya.

Sementara proses pendistribusian logistik rencananya akan dilakukan tiga hari sebelum pencoblosan. Pihaknya berencana mendistribusi logistik tanggal 13-15 April, dengan memprioritaskan beberapa wilayah yang dianggap sulit.

“TPS yang sulit didistribusikan seperti Muna bagian Timur sudah koordinasi dengan Syahbandar, KSDP. Wilayah terjauh Kecamatan Marobo desa Tapitapi, Pasikuta lokasinya menyeberang laut,” tambahnya. (b)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib