Tampilan Desktop

Pemindahan Pegawai Dikbud dan Kehutanan Sedot APBD Sultra 2017
33 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2017 diperkirakan mencapai Rp. 3 Triliun lebih. Hal itu bertambah dibanding APBD sebelumnya yang hanya Rp. 2,6 Triliun.

Wagub Sultra Nilai RS Mitra BPJS Kesehatan Setengah Hati Layani Masyarakat

Saleh Lasata

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata mengatakan jumlah tersebut meningkat karena ada penambahan dana alokasi umum dari pusat.

Namun demikian APBD Sultra 2017 akan mengalami defisit karena ada pemindahan pegawai dan kewenangan dari Dinas Dikbud dan Dinas Kehutanan  kabupaten/kota ke pemerintah Provinsi.

“Pemindahan tersebut tidak disertai dengan pemindahan anggarannya. Akhirnya PAD (pendapatan asli daerah) kita tersedot oleh gaji-gaji mereka itu. Sebenarnya Dinas Pertambangan juga beralih ke Provinsi tapi hanya sebatas kewenangan bukan personalianya,” kata Saleh usai rapat paripurna di DPRD Sultra, Rabu (16/11/2016).

Saleh mengungkapkan kekurangan anggaran akibat pemindahan itu mencapai Rp. 200 Miliar lebih untuk gaji dan kebutuhan lainnya dua dinas tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah provinsi akan segera bersurat ke pemerintah pusat agar ada anggaran yang bisa digunakan.

Saleh mengungkapkan masalah tersebut menjadi hambatan dan gangguan bagi pemerintah provinsi dalam membangun ke depan. Dalam waktu dekat ini akan dibicarakan bersama DPRD Sultra melalui pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS).(B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor  :  Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com