Tampilan Desktop


Pemindahan Pelabuhan Nusantara Dijadwalkan Akhir Oktober
64 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI-Pemindahan Pelabuhan Nusantara Kendari sudah mulai dilakukan. Hal ini ditandai dengan pemindahan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat ke Pelabuhan Bungkutoko di Kelurahan Bungkutoko.

Kepala Seksi Kelayakan Kantor KSOP Kendari, Patahudin Rombo mengatakan, pemindahan pelabuhan rencananya akan diresmikan oleh presiden Joko Widodo bersamaan dengan peresmian penyebrangan Feri Amulengo-Labuan.

“Pembangunan Pelabuhan Bungkutoko saat ini sudah mencapai 90 persen, saat ini sedang dalam pembenahan drainase agar tidak terjadi banjir saat hujan turun, kalau sisi darat seluruhnya hampir rampung. Rencananya kalau bukan akhir Oktober, maka November peresmiannya,” kata Patahudin ditemui Rabu, Rabu(16/9/2015).

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Kendari, Alamsyah Lotunani menyambut baik rencana pemindahan itu. Menurutnya, untuk menunjang pemindahan tersebut, pihaknya sudah mengusulkan pembangunan rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) di sekitar Pelabuhan Bungkutoko tahun 2016 mendatang.

“Pemerintah Kota Kendari sudah mengusulkan pembangunan rusunawa di Bungkutoko. Usulan kami itu 1 unit twinblok seperti yang di Pudai, peruntukannya disediakan bagi para buruh yang bekerja di sana,” katanya.

Menunjang pengoperasian pelabuhan tersebut, Pemerintah Kota Kendari tahun 2015 ini mendapat alokasi dana untuk perbaikan jalan Madu Sila dari depan Rumah Sakit Kota Kendari menuju Pelabuhan Perikanan Samudra.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com