Tampilan Desktop

Pemkab Butur Mulai Distribusikan Raskin Tahap Tiga
32 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA– Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai menyalurkan beras miskin (Raskin) tahap ketiga untuk alokasi bulan Juli, Agustus, dan September  2015.

Pj Bupati Butur Saemu Alwi, melalui Kabag Ekonomi Setda Butur, Rusli,  kepada Zonasultra.com ketika ditemui di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) setempat, Senin (14/9/2015), menjelaskan penyaluran raskin tersebut rencananya akan didistribusi ke seluruh masyarakat penerima yang  tersebar di 6 kecamatan. Proses penyalurannya setiap kecamatan itu sendiri memakan waktu hingga tiga hari.

“Kita mulai salurkan untuk tahap ketiga, sekitar 400 ton untuk kebutuhan 5.211 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar dari 6 kecamatan,” ujar Rusli.

Terkait kondisi beras, Rusli mengungkapkan berdasarkan pantauannya, kualitas beras yang dibagikan pada tahap tiga ini sangat bagus jika dibanding dengan beras yang disalurkan pada tahap I dan tahap II beberapa waktu lalu.

Untuk biaya penyalurannya, mulai tahun ini semuanya ditanggung Pemda Butur mulai dari gudang badan urusan logistik (Bulog) sampai di desa-desa.

” Itu dianggarkan sebesar Rp 200 juta per tahun hanya untuk biaya akomodasi, jadi masyarakat bisa memperoleh raskin dengan harga lebih murah lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, kepala Bulog Butur Yondo mengungkapkan, kalau masih ada tiga kecamatan yang belum semuanya tersalurkan pada tahap dua yakni Kecamatan Kulisusu Barat, Bonegunu dan Kambowa.
Alasan kesibukan para kepala desa yang mengakibatkan proses pendistribusian terhambat.

“Saya sering hubungi kepala desanya tapi alasannya masih sibuk atau banyak urusan. Tapi saya akan usahakan dalam waktu dekat ini sisa tahap dua semua tersalurkan. Jadi bagi desa yang telah selesai tahap dua sekarang sudah didistribusikan tahap tiga,” ungkap Yondo.

Dalam pendistribusian sendiri, sejauh ini lanjut Yondo tidak ada hambatan. Baik itu yang melalui jalur darat maupun jalur laut.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com