Pemkab Koltim Mulai Terapkan e-Musrenbang

1
Pemkab Koltim Mulai Terapkan e-Musrenbang
TERAPKAN E-MUSREMBANG - Suasana rapat di Kantor Bappeda Koltim dalam rangka memasukkan data hasil musrenbang kecamatan ke aplikasi e-Musrenbang, Rabu (8/3/2017). (JASPIN/ZONASULTRA.COM)
Pemkab Koltim Mulai Terapkan e-Musrenbang
TERAPKAN E-MUSREMBANG – Suasana rapat di Kantor Bappeda Koltim dalam rangka memasukkan data hasil musrenbang kecamatan ke aplikasi e-Musrenbang, Rabu (8/3/2017). (JASPIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) tahun ini mulai menerapkan aplikasi elektronik musyawarah rencana pembangunan (e-Musrenbang).

Kepala Bapeda Koltim Mustakim Darwis menjelaskan aplikasi e-musrembang sangat membantu pihaknya untuk memilah dan memilih usulan masyarakat yang jumlahnya sangat banyak. Program ini juga mampu menyelesaikan usulan mana saja yang sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah.

“Jadi kita sekarang lakukan sinkronisasi usulan masyarakat dan program pemerintah,” kata Mustakim saat memimpin rapat dengan jajarannya di Kantor Bappeda Koltim, Rabu (8/3/2017).

Dengan diterapkannya aplikasi elektronik ini, masyarakat bisa mengetahui program mana saja yang telah masuk dan akan diusulkan untuk mendapatkan anggaran.

“Usulannya kita onlinekan. Jadi warga bisa tahu apakah usulannya bisa diterima atau belum. Bahkan disitu bisa dilihat sudah sampai mana tahapan musrenbang ini,” papar Mustakim.

Banyaknya usulan yang masuk, lanjut dia, pada umumnya sudah sejalan dengan arah kebijakan Pembangunan Koltim. Masyarakat meminta agar pemerintah mampu memajukan pertanian, perkebunan dan lain sebagainya.

Karena itu, usulan yang terkait dengan peningkatan sarana pertanian dan perkebunan akan lebih diprioritaskan. Tentunya, insfraktutur seperti jalan, jembatan, kelistrikan, air bersih, pemberdayaan usaha mikro dan fasilitas layanan kesehatan juga menjadi prioritas pemerintah tahun ini.

“Kami sudah mengevaluasi usulan yang masuk diaplikasi e-musrenbang yang juga merupakan wujud komitmen pemerintah untuk transparansi. Sebab, usulan yang masuk dan telah terdata selanjutnya akan dipajang di website milik Pemkab Koltim,” tutupnya. (B)

 

Reporter: Jaspin
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here