Tampilan Desktop

Pemkab Mubar Jadikan Pulau Indo Destinasi Wisata Favorit
197 Dibaca

Pemkab Mubar Jadikan Pulau Indo Destinasi Wisata Favorit

Destinasi Wisata Bahari Pulau Indo Kabupaten Muna Barat

 

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menetapkan Pulau Indo yang terletak di Desa Lasama, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) sebagai destinasi wisata favorit di daerah itu.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Mubar, Ramlan, mengatakan, ada beberapa alasan sehingga Pulau Indo dijadikan destinasi wisata favorit, yaitu memiliki terumbu karang yang masih baik, perairan lautnya merupakan area ruaya ikan lumba – lumba, dan daratannya ditanami kelapa dan beberapa pohon pinus.

“Pulau Indo ini terus kita promosikan ke masyarakat agar menjadi tempat hiburan mereka. Kita juga terus bersinergi dengan instansi terkait dalam rangka pengembangan Pulau Indo ke depan,” kata Ramlan, Senin (3/10/2016).

Untuk mengembangkan Pulau Indo saat ini tengah disusun Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA). RIPPDA ini, kata Ramlan merupakan cikal bakal lahirnya Peraturan Daerah (Perda).

Ia mengatakan pada tahun 2017 nanti dana untuk pengembangan Pulau Indo telah diusulkan dalam APBD Mubar.

“Besar anggarannya sekitar Rp 2 miliar. Uang itu akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dasar, seperti  pemasangan meteran lampu, pembuatan gazebo, kamar ganti dan penanaman pohon pelindung,” terangnya.

Ramlan mengaku saat ini pengunjung di Pulau Indo masih sepi. Karena itu, pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat agar siswa SD sampai SMA pada saat libur dapat berwisata di Pulau Indo.

“Langkah awal kita mendorong masyarakat lokal, seiring terus melakukan promosi di masyarakat luar. Kita yakin ini Pulau Indo akan menjadi tempat wisata yang akan diminati baik wisatawan domestik maupun mancanegara,” pungkasnya. (B)

 

Reporter: La Ode Pialo
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com