Tampilan Desktop



Pemkab Wakatobi Siapkan Ratusan Hektar Lahan Jagung dan Bawang Merah
74 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI- Pemerintah Daerah Wakatobi membutuhkan lahan sekitar 500 hektar yang tersebar di empat pulau di wilayah ini untuk menanam jagung dan bawang merah. Untuk Pulau Wangi-Wangi membutuhkan lahan seluas 100 hektar. Hal itu berdasarkan hasil kesepakatan dengan Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pemkab Wakatobi Siapkan Ratusan Hektar Lahan Jagung dan Bawang Merah

Jamrudin – Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi

“Sejauh ini kami sudah menyiapkan lahan 900 hektar di beberapa pulau yang ada Wakatobi melebihi kuota lahan yang diminta pihak Provinsi dan kami sementara masih terus menkoordinasikannya dengan tokoh adat dan tokoh masyarakat untuk menggunakan tanah,” kata Plt Kepala Dinas Pertanian Jamruddin, saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (21/02/17).

“Dan kami juga akan pelajari struktur tanah guna memasok air melalui sumur bor untuk irigasi pertanian,” sambungya.

Pihaknya, lanjut Jamruddin, akan memprioritas empat program unggulan di bidang peternakan, ketahanan pangan, holtikultural dan perkebunan. Empat program penunjang ini akan memberikan produksi dan produktivitas hasil ketahanan pangan dan holtikultural untuk kelompok petani.

Melalui program nasional dalam bidang ketahanan pangan dan holtikultural dengan menaman komuditi jagung dan bawang merah.

Pihaknya sudah berkordinasi dengan pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi dan sudah merealisasi penyediaan bibit jagung dan bawang.

“Kami merubah pola pemberian bibit kepada kelompok tani, sebelum menyerahkan bibit-bibit tersebut kepada kelompok tani, terlebih dulu kami akan melakukan survey ke semua kelompok di kecamatan dan penyuluh pertanian serta memberikan bimbingan cara penanaman, pemupukan dan pengairan,” tukasnya. (C)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free