Tampilan Desktop



Pemkab Wakatobi Terima Award Maestro Seni Tradisi dari Mendikbud
161 Dibaca

Pemkab Wakatobi Terima Award Maestro Seni Tradisi dari Mendikbud PENGHARGAAN – Mendikbud Serahkan Peghargaan Secara Langsung Kepada Bupati Wakatobi, Arhawi.(ISTIMEWA)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbub) RI Muhadjir Effendy memberikan anugerah kebudayaan dan penghargaan maestro seni tradisi tahun 2017 kepada Pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Anugerah ini diberikan atas komitmen Pemkab Wakatobi melestarikan kebudayaan dan mendorong kemajuan masyarakat. Pemberian penghargaan yang berlangsung di Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud itu diterima langsung oleh Bupati Wakatobi Arhawi, Kamis (28/9/2017).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi Jaemuna menyebutkan, pencapaian ini patut mendapatkan apresiasi mengingat untuk pertama kalinya Wakatobi mendapat penghargaan sebagai maestro seni dan kebudayaan.

“Penilaiannya berdasarkan komitmen pemda melestarikan budaya setempat, seperti Festival Melala, Festival Kepulauan Tukang Besi, Festival Barata Kaledupa, termasuk dengan adanya pembangunan museum Bajo. Di Sultra, Wakatobi yang pertama kali mendapatkan penghargaan ini untuk kategori pemerintah daerah,” ungkap Jaemuna saat dihubungi, Jumat (29/9/2017).

Pemkab Wakatobi Terima Award Maestro Seni Tradisi dari MendikbudJaemuna menambahkan, untuk mempertahankan penghargaan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wakatobi terus mengupayakan pelestarian seni dan budaya lokal demi mendukung kebijakan pemerintah daerah. Diantaranya pembentukan sanggar seni dan kegiatan seniman masuk mengajar. Program ini bertujuan memperkenalkan seni dan budaya di sekolah, sehingga seni dan budaya lokal bisa dikenal dan dijaga kelestariannya.

Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni 2017 ini diberikan kepada 44 budayawan dan pegiat budaya atas komitmennya bagi pelestarian budaya dan seni.

Penilaian berdasarkan tujuh kategori, yakni Kategori Pencipta Pelopor dan Pembaru, Kategori Pelestari, Kategori Anak dan Remaja, Kategori Maestro Seni Tradisi, Kategori Komunitas, Kategori Pemerintah Daerah, dan Kategori Perorangan Asing.

Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi menjadi upaya pembinaan dan apresiasi pemerintah melalui Kemendikbud terhadap sumber daya manusia yang memiliki komitmen pada nilai-nilai budaya melalui upaya pewarisan, pengembangan, dan pemanfaatan seni tradisi.

Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Tradisi 2017 ini diharapkan dapat menginternalisasi nilai budaya, membangun kesadaran masyarakat serta meningkatkan kebanggaan dan motivasi generasi muda bagi pengembangan kebudayaan Indonesia dalam kerangka penguatan karakter bangsa. (B)

 

Reporter: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com