Tampilan Desktop

Pemkot Kendari Gagas Sister City dengan Pemkot La Rochelle, Prancis
63 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini tengah menjajaki kemungkinan adanya hubungan kerjasama sister city (kota kembar) dengan Pemkot La Rochelle , Prancis.

Untuk rencana kerjasama itu, kedua pihak pemkot tersebut telah menggelar pertemuan. Secara khusus Wakil Walikota La Rochelle, Michael Sabatier, berkunjung ke Kendari dan akan melakukan peninjauan di lapangan untuk melihat secara langsung kondisi ibu kota provinsi ini.

“Kendari adalah kota kedua yang dipilih oleh Pemkot La Rochelle  karena dianggap bahwa  kondisi geografis kota ini sangat mirip dengan wilayah mereka, makanya tertarik untuk menjalin kerjasama dan membantu program-program yang sampai saat ini belum terlaksana secara maksimal,” ungkap Wakil Walikota Kendari Musadar Mappasomba saat presentasi di depan jajaran pejabat dan staf Pemkot Kendari, di Ruang Pola kantor Walikota Kendari, Jumat (7/8/2015).

michael sabatierMenurut Musadar, ada beberapa hal yang akan menjadi fokus kerjasama antara Pemkot Kendari dan Pemkot La Rochelle. Antara lain dalam hal penataan pembangunan kota, sanitasi, maksimalisasi PDAM, pendidikan, serta hal-hal teknis yang ada dalam dinas pekerjaan umum  PU. Untuk kerjasama itu, rencananya Pemkot La Rochelle  akan mendatangkan konsultan dari Prancis untuk mendampingi SKPD dalam melaksanakan teknis-teknis kegiatan.

Mengenai kerjasama dalam pendidikan, Pemkot La Rochelle menginginkan agar mahasiswa terbaik dari Kota Kendari melanjutkan pendidikan di universitas terbaik di kota La Rochelle .

” Kami harap kerjasama ini terus berlanjut, karena sangat berdampak bagi pengembangan dan pembangunan kota Kendari ke depan. Apalagi, Kota Kendari semakin mengarah pada kota metropolitan, pembangunan terus berkembang. Melalui kerjasama kita dapat berbagi ilmu dan saran bagaimana pandangan yang strategis untuk membangun kota ini,” ungkap Michael Sabatier

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com