Pemkot Minta Masyarakat Kurangi Resiko Bencana

Kepala BPBD Kota Kendari Suhardin
Suhardin

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengajak masyarakat untuk bahu membahu mengurangi resiko bencana.

Kepala BPBD Kota Kendari Suhardin mengatakan, saat ini ada bencana yang timbul secara alamiah dan ada bencana karena perbuatan manusia. Perkembangan masyarakat yang semakin pesat, juga menimbulkan berbagai persolan.

Untuk itu, pihaknya meminta, masyarakat bisa memiliki kesadaran menjaga lingkungannya. Mulai yang tinggal di pegunungan untuk tidak menebang pohon hingga yang tinggal di pinggiran kali untuk tidak membuang sampah sembarang.

“Bencana alam ini sangat berkaitan dengan masyarakat di mana oknum masyarakat yang menebang pohon menjadi salah satu penyebab banjir dan longsor di kota kendari,‚ÄĚjelas Suhardin di ruang kerjanya, Selasa (5/3/2019).

(Baca Juga : BPBD Koltim Buat Peta Desa Rawan Bencana)

Saat ini, tuturnya, berbagai bencana yang sering terjadi cukup familiar di Kota Kendari, seperti bencana banjir dan longsor. Untuk itu, menjaga lingkungan sekitar menjadi sebuah hal yang baik mengantisipasi terjadinya bencana.

Diakuinya, kejadian bencana tersebut penanggulangannya membutuhkan kerja sama dari unsur organisasi pemerintah bahu membahu terlibat dalam tanggap darurat bencana

“Saat ini kami terus memantau lokasi yang rawan bencana. Tetapi kami minta juga peran aktif masyarakat untuk bisa melakukan penanggulangan bencana sejak dini,”tuturnya. (c)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib