Tampilan Desktop



Pemprov Sultra Diimbau Segera Perbaiki Jalan Rusak di Wilayah Kepulauan
146 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sukarman, menghimbau agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra segera dan secepat mungkin memperbaiki ruas jalan provinsi yang mengalami rusak parah utamanya di daerah kepulauan seperti Buton Utara, Muna, Buton Selatan, dan Buton Tengah.

Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Sukarman

Sukarman

Ia menilai, ruas jalan provinsi di empat kabupaten tersebut kondisinya memang sudah parah. Contohnya saja jalan poros Raha – Wamengkoli, dimana di jalan tersebut terdapat banyak lubang yang membahayakan pengguna jalan. Oleh karenanya diperlukan penanganan yang cepat.

“Dari total ruas jalan provinsi 1.200 kilometer, 30 persennya itu kondisinya rusak parah. Olehnya itu, kita himbau Pemprov segera memperbaikinya. Apalagi ini kan sudah diakhir masa jabatan pak Nur Alam, makanya kami komisi III kita dorong terus, agar kita maksimalkan untuk menyelesaikan visi misi beliau yang berkaitan dengan proses pembangunan selama periode yang kedua ini,” ungkapnya saat ditemui di ruangan Komisi III DPRD Sultra, Senin (27/3/2018).

Dikatakannya, tahun ini Pemprov Sultra telah mengalokasikan dana untuk perbaikan sejumlah ruas jalan provinsi yang tersebar di beberapa kabupaten melalui APBD 2017 sebesar Rp. 300 miliar lebih.

Politisi PAN ini mengharapkan Pemprov segera menggunakan anggaran perbaikan jalan tersebut, sehingga ruas jalan provinsi yang mengalami kerusakan parah bisa diatasi secepat mungkin.

“Anggaran sudah disiapkan. Kami harap Pemprov segera mengerjakannnya dengan anggaran yang ada. Itu yang terus komisi III dorong. Apalagi kemarin kami baru pulang dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk melihat pengalokasian anggaran. Ya termaksud dari peningkatan jalan provinsi di Sultra,” tuturnya.

Menurutnya, jika seluruh ruas jalan provinsi sudah berfungsi normal, maka dapat dipastikan tingkat pertumbuhan ekonomi Sultra akan meningkat. Dengan pertumbuhan ekonomi Sultra yang meningkat, maka tingkat kesejahteraan masyarakat yang tersebar di 17 kabupaten/kota, juga akan membaik.

Baca Juga : Kesal Jalan Rusak, Warga Blokade Jalan Masuk Kampus IAIN

“Kalau jalan bagus, otomatis berbagai komoditas pertanian dari para petani akan lebih lancar terangkut ke pusat-pusat pemasaran. Nah inikan bisa meningkatkan kesejahteraan masayarakat,” tandasnya.

Ia juga mengungkapkan, kedepannya Komisi III DPRD Sultra sebagai komisi yang membidangi infrastruktur seperti jalan, akan terus melakukan komunikasi intensif dengan pihak Pemprov Sultra, sehingga keinginan agar jalan kembali bagus dan nyaman dilalui bisa segera dinikmati masyarakat. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free