Tampilan Desktop


Pencairan ADD dan DAD Butur Tuntas Bulan Ini
65 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pencairan anggaran alokasi dana desa (ADD) dan dana alokasi desa (DAD) tahap pertama di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan tuntas pada Juni ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Butur Miadin mengatakan, pencairan ADD dan DAD di Butur sudah mulai dilakukan sejak beberapa waktu lalu dan dipastikan akan tuntas pada minggu terakhir bulan ini. Sebanyak 19 desa dari total 79 desa di Butur sudah melakukan pencairan. Sementara desa lainnya masih menunggu proses verifikasi dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di Badan Keuangan dan Aset Daerah(BPKAD) Butur.

“19 desa ini sudah duluan diverifikasi oleh pihak keuangan, dan dinyatakan tidak ada lagi masalah teknis. Makanya, mereka sudah bisa mencairkan anggarannya setelah mendapatkan surat rekomendasi dari kami,” terang Miadin di ruang kerjanya, Senin (22/6/2015).

Miadin memastikan 60 desa yang belum melakukan pencairan anggaran tinggal menunggu waktu karena beberapa dokumen sedang dalam proses verifikasi. Begitu rekomendasi keluar maka anggaran tersebut bisa langsung dicairkan. Oleh karena itu, ia optimis semua pencairan akan rampung pada bulan ini juga.

Sementara itu, demi kelancaran proses pengurusan pencairan anggaran pada tahap berikutnya, Miadin berharap para kepala desa agar lebih proaktif berurusan.

“Jangan hanya menuntut tapi hanya mau tau beres, bahkan berkas dokumen saja mereka tidak bawa sendiri, malah hanya dititip. Ini kan menandakan kepala desanya tidak mau repot,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pencairan seluruh dana ADD dan DAD tahap pertama di Butur sempat tertunda akibat sebagian besar kepala desa terlambat merampungkan dokumen APBDes.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com