Pencairan Dana Desa di Buton Sudah Capai 80 Persen

2
DPMPD_buton_Alimani
Alimani

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO– Pencairan Dana Desa (DD) termin pertama tahun 2017 dari pemerintah pusat sudah mencapai 80 persen lebih. Sisanya menunggu rekomendasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton yang kini sementara dalam proses.

DPMPD_buton_Alimani
Alimani

“DD sudah 80 persen lebih yang cair, tinggal beberapa desa lagi yang belum, tapi sekarang sudah diproses untuk kita rekomendasikan ke BPKAD supaya dananya dicairkan,” ucap Kepala DPMD Kabupaten Buton, Alimani, ketika dikonfirmasi via telepon, Jumat (28/7/2017).

Alimani mengatakan, lambatnya laporan pertanggungjawaban dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD), menjadi kendala keterlambatan pencairan DD ke desa-desa selama ini. Tapi alhamdulillah sekarang sudah sementara kita verifikasi, nanti tinggal kita buatkan rekomendasi untuk pencairan DD-nya.

Sementara Alokasi Dana Desa (ADD), tinggal dua desa saja yang belum dicairkan, yakni Desa Wolowa, Kecamatan Wolowa, dan Desa Kakenauwe, Kecamatan Lasalimu.

Sementara itu, bendahara Bantuan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buton, Yamin mengatakan dari 83 desa se Kabupaten Buton, sudah 68 desa yang mendapatkan DD termin pertama. Karena setiap ada rekomendasi pencairan dari DPMD, pihaknya segera menindaklanjuti.

“Intinya kita tinggal hanya menunggu rekomendasi dari DPMD saja. Kalau ada rekomendasi ya tinggal kita cairkan. Tapi kalau belum ada, tidak mungkin bisa kita cairkan,” tuturnya. (C)

 

Reporter : Nanang Suparman
Editor : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here