Tampilan Desktop


Pencalonan Rusman – Malik Terhambat di Pilkada Muna, Bawaslu: Penyebabnya KPU atau Pengadilan
54 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasangan bakal calon (balon) kepala daerah Rusman Emba – Malik Ditu yang akan bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengalami hambatan karena Pengadilan Negeri Muna tidak mengeluarkan surat keterangan tidak dalam tanggungan utang.

Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) mengatakan tidak terpenuhinya syarat wajib seperti keterangan dari pengadilan tersebut dapat mengakibatkan pasangan balon ini tidak dapat ditetapkan. Namun akan berbeda ceritanya jika lembaga yang mengakibatkan tidak terpenuhinya syarat wajib itu justeru KPU atau pengadilan. (Artikel terkait : Rusman-Malik Dirugikan, KPU Sultra “Ngadu” ke KPU RI)

Jika ada laporan dari Rusman – Malik terkait hal itu, maka pihak panwas akan mengklarifikasi ke pihak pengadilan. Kata Hamiruddin, bila ada bukti-bukti bahwa KPU turut bermain menjegal maka itu akan diproses ke dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP) karena itu adalah pelanggaran.

“Hal seperti itu boleh jadi bukanlah kelalaian pasangan balon (Rusman-Malik). Sehingga nantinya pasangan balon tersebut bisa mengajukan sengketa ketika tidak ditetapkan oleh KPU hanya karena syarat wajib yang tidak terpenuhi,” kata Hamiruddin di Kendari, Selasa (18/8/2015).

Tidak dibenarkan dalam aturan hanya karena ulah oknum tertentu baru kemudian itu akan merugikan si calon. Olehnya kata Hamiruddin nanti dilihat posisinya seperti apa, Ketika ada temuan pelanggaran maka panwas memiliki kewajiban untuk memprosesnya lebih lanjut.

“Sengketanya nanti ke panwas, hanya persoalannya mereka sudah membuat laporan atau tidak. Kalau sudah dimasukkkan maka kami akan mengkonfirmasi pengadilan tentang mengapa surat itu tidak dikeluarkan,” pungkasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com