Tampilan Desktop



Pendulang Wisman, Bintan Triathlon 2017 Berlangsung Sukses
46 Dibaca

Pendulang Wisman, Bintan Triathlon 2017 Berlangsung Sukses Bintan Triathlon 2017

 

ZONASULTRA.COM, BINTAN – Eksotisme pantai Nirwana dibalut tarian Tradisional Kepulauan Riau mengiringi dibukanya event sportourism Bintan Triathlon 2017 di Pantai Nirwana, Nirwana Garden Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (20/5/2017).

Tidak kurang 1.300 peserta dari 37 negara berlomba menjadi yang tercepat di Bintan Triathlon 2017. Sejak garis start diangkat ratusan atlit menyerbu bibir pantai Nirwana, di sesi awal atlit mesti berenang sejauh 1,5 km di birunya laut bintan lagoi, kemudian dilanjutkan ke sesi balap sepeda sejauh 40 km menyusuri hijaunya hutan dan indahnya danau di kawasan Bintan Lagoi, dan diakhiri lari di hembusan udara segar Bintan Lagoi sejauh 10 km menuju garis finish.

Bintan Triatlon 2017 bagai magnet yang kuat, tidak kurang 3.000 lebih pengunjung menjadi saksi perhelatan tahunan ini.

“Semua kamar hotel di kawasan Bintan Lagoi penuh, bahkan sampai keluar kawasan hingga hotel-hotel di Tanjung Pinang merasakan dampaknya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiman Prawira disela kegiatan Bintan Triathlon 2017 di Nirwana Garden Resort, Kabupaten Bintan, Kepri.

Luki menjelaskan Bintan Triathlon 2017 memperlombakan lima kategori yaitu, Olympic Distance (renang 1,5 kilometer, balap sepeda 40 kilometer, dan lari 10 kilometer). Untuk kategori Sprint Distance terdiri dari (renang 750 meter, sepeda 20 kilometer dan lari 5 kilometer). Kemudian, kategori Youth Distance (300 meter, 12 kilometer, dan 3 kilometer). Lalu, kategori Fun Race Duo Race Duo Challenge (1,5 kilometer dan 150 meter, serta lari sampai garis finish).

Pelaksanaan Bintan Triathlon 2017 merupakan ajang pemanasan para peserta sebelum menuju pelaksanaan Ironman 70.3 yang akan digelar Agustus mendatang di tempat yang sama.

Meski tidak menyediakan hadiah uang, Bintan Triathlon merupakan ajang olahraga bergengsi, terutama bagi atlit triathlon.

(Baca Juga : Toraja Marathon 2017 “Run Above the Clouds”)

Metasport penyelenggara kegiatan Bintan Triatlon memberikan medali khusus bagi para pemenang. Di kalangan atlit triathlon, mendapatkan medali tersebut merupakan kehormatan dan bergengsi.

Seperti diketahui, Event Bintan Thriatlon 2017 telah sukses digelar dengan dukungan Wonderful Indonesia, menjadi event sportourism yang selalu dinanti atlit dan penggemar Triathlon di seluruh dunia.

Tercatat 1.300 peserta dari 37 negara mengikuti ajang Bintan Triathlon 2017. Jumlah pengunjung total yang diraih 3.000 lebih, dengan kalkulasi tiap atlit membawa officialnya lebih dari dua, bahkan banyak yang membawa keluarganya sekalian berlibur.

“Meski event hanya berlangsung 2 hari, namun masa tinggal mereka rata-rata lebih dari dua hari. Mereka manfaatkan waktu usai bertanding untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di pulau Bintan,” ujar Bupati Apri.

Dengan masa tinggal lebih lama, tentunya bupati berharap perekonomian di Kabupaten Bintan bisa terangkat.

Bupati Bintan Apri Sujadi tidak lupa mengucapkan terimakasih pada Kementerian Pariwisata yang turut aktif mendukung berbagai bentuk kegiatan pariwisata di Bintan, termasuk Bintan Triathlon 2017 kali ini.

Pendulang Wisman, Bintan Triathlon 2017 Berlangsung Sukses“Kegiatan ini (Bintan Triatlon) merupakan upaya kami mendongkrak kunjungan wisman ke Bintan,” ujar Bupati Apri.

Bupati Apri menargetkan pada tahun 2017 ini Bintan bisa dikunjungi 500 ribu wisman. Berbagai upaya dibenahi untuk mencapai target tersebut, dari keamanan, kebersihan hingga upaya membuat bandara di kawasan Bintan Lagoi untuk pesawat carter (sewaan).

“PAD kami 45% dari pariwisata, jadi tidak ada alasan lain, kami akan all out kembangkan Pariwisata di Bintan, masa depan kami ada di Pariwisata,” jelas Bupati.

Bupati menjelaskan pada dua bulan awal di 2017, Bintan telah menghasilkan 80 ribu wisman. “Ini suatu yang menggembirakan, saya yakin pada akhir tahun Bintan bisa mencapai target 500 ribu wisman,” ujar Bupati Apri semangat.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti mengatakan Kementerian Pariwisata sangat mendukung event Bintan Triathlon.

“Bagi Kemenpar, Kepri dan Bintan pada khususnya merupakan lumbung wisman bagi Indonesia. Letak yang sangat dekat dengan Singapura dan berbagai kemudahan akses menjadikan Bintan sangat strategis untuk menggaet wisman,” ujar Esthy.

Esthy menjelaskan tahun 2017 ini Kemenpar yang dipimpin Menteri Arief Yahya itu menargetkan 15 juta kunjungan wisman, dan 2,5 juta dihasilkan dari Kepulauan Riau termasuk Bintan.

(Baca Juga : Jogja Marathon 2017 Dikuti 6.000 Pelari dari Indonesia dan Mancanegara)

“Sebab itu berbagai kegiatan event promosi kami gencarkan di Bintan dan Batam, seperti festival, sportourism, dan kegiatan cross border,”ungkapnya.

Wanita berhijab ini melanjutkan, kegiatan promosi dan selling (penjualan) juga kami intensifkan di Singapura dan Malaysia yang merupakan pasar terbesar bagi Bintan.

Event Bintan Triathlon sangat signifikan mendulang wisman, dari keseluruhan peserta maupun penonton hampir 90 persen didominasi wisman. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free