Tampilan Desktop



Pengadilan Kendari Kembali Terima Berkas Perkara Satu Tersangka Money Politik
602 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari kembali mengirim berkas perkara, satu orang tersangka money politic pemilihan Walikota dan Wakil Kota Kendari, pada 15 Februari 2017 lalu, ke pihak Pengadilan Negeri (PN) kelas IA Kendari. Hal itu diungkapkan oleh Jaksa Panitera Muda Pidana Umum Pengadilan Negeri Kelas IA Kendari Irnais, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (15/3/2017).

Tim Relawan Rasak-Haris Jadi Tersangka Money Politik

Ilustrasi

Irnais mengungkapkan, jika berkas tersangka telah diserahkan pihak Kejari Kendari, pada Selasa (14/3/2017) sore kemarin.

“Ia sudah masuk berkasnya kemarin sore, kalau sidangnya nanti setelah ada Majelis Hakimnya. Sekarang masih mau menunjuk Hakimnya dulu, sama kuasa hukumnya,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, jika Roslita Latang merupakan tersangka money politic yang diamankan oleh petugas TPS 3, BTN Aztata Citra, Kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari, setelah kedapatan menggunakan surat pemberitahuan memilih atau C6 milik orang untuk melakukan pemilihan Walikota Kendari.

“Jadi dia ini waktu itu, Haerul mau membuang surat C6 atas nama Mahadin Saputra. Tapi terdakwa mencegah dengan alasan nanti dia yang musnahkan. Namun ternyata c6 itu malah di serahkan ke Gaminu dan menyuruhnya untuk di gunakan pergi memilih di TPS 3 itu,” ujarnya.

Namun, lanjut Irnais, saat hendak memilih, saksi dari pasangan nomor urut 3 atas nama Moh Ihsan melakukan protes setelah curiga dengan c6 milik Ganimu yang terlihat lebih tua dari umur yang tertera di c6 tersebut. Setalah dilakukan pemeriksaan identitas terhadap Ganimu, tidak ditemukan tanda pengenal sesuai nama pada c6 itu melainkan tanda pengenal bernama Ganimu.

“Pas ketahuan Ihsan ini langsung menelpon pihak Panwas kecamatan, saat di introgasi saksi Ganimu mengaku kalau c6 itu di dapatnya dari terdakwa Roslita. Dan Roslita lah yang menyuruhnya untuk pergi memilih di TPS 3,” tutupnya.

Baca Juga : Satu Tersangka Money Politik Pilwali Divonis 3 Tahun Penjara

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari Glenny J.L De Fretes memvonis tiga tahun penjara terhadap Anwar Sadad tersangka money politik yang diamankan oleh Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Baruga beberapa waktu lalu.

Selain Anwar Sadad, dua tersangka money politik dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari yakni Jejep dan Iman, juga telah menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kendari, Senin (13/3/2017) lalu. (B)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free