Tampilan Desktop


Pengangkatan Bidan PTT Menjadi PNS, Dinkes Konsel Tunggu Proses MoU
318 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Tahun ini pemerintah berencana akan mengangkat seluruh tenaga kesehatan pegawai tidak tetap (PTT), sebanyak 49.443 orang menjadi PNS. Rencana ini pun menjadi angin segar bagi tenaga kesehatan PTT, khususnya bidan dan dokter di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara.

Pengangkatan Bidan PTT Menjadi PNS, Dinkes Konsel Tunggu Proses MoU

Madilaa

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Konsel, Madilaa mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti pernyataan MenPAN-RB untuk mengangkat bidan dan dokter PTT menjadi PNS. Data mengenai jumlahnya tenaga kesehatan PTT di daerah itu pun sudah dilaporkan oleh kepala bidang kepegawaian dinkes setempat. Namun, pihaknya masih menunggu proses Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Kesehatan dan bupati.

Dia menegaskan bahwa pengangkatan itu benar. Hanya saja, masih akan dilakukan proses tes yang direncakan akan dilaksanakan di Dinkes Sultra dan diambil alih oleh Kemenkes dan Kemenpan. Pihaknya juga akan melaporkan langsung ke bupati terkait hal tersebut.

“Nanti setelah bupati balik dari Jakarta kami laporkan masalah itu,” kata dia.

Menurutnya, pengangkatan baru akan ada sekitar Oktober 2016 mendatang. Saat ini Kemenkes, Kemenpan dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih membahas penyediaan anggaran jika para bidan dan dokter PTT tersebut terangkat.

Sejauh ini, kata Madilaa, pihaknya belum mengetahui pasti kriteria untuk mengikuti tes. Namun pihaknya akan mengusahakan agar sebanyak 200-an lebih bidan dan 10 dokter PTT di Konsel bisa mengikuti tes tersebut.

“Ini belum kita umumkan ke bidan dan dokter PTT yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konsel, Yuliana menambahkan, sejauh ini dirinya juga belum mengetahui secara pasti mengeni hal tersebut karena dirinya baru beberapa hari menjabat. Selain itu, waktu pemasukan data juga telah melewati batas yakni 29 Februari 2016 lalu.

Dikatakan, pihaknya akan mengkosultasikan hal tersebut. Apabila masih dapat dimasukkan, maka akan segera mungkin dilaksanakan pemasukkan data itu.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, www.depkes.go.id, pada tahun ini pemerintah akan mengangkat seluruh tenaga kesehatan PTT, sebanyak 49.443 orang menjadi PNS. Mereka terdiri dari dokter PTT sebanyak 1.984 orang, dokter gigi PTT sebanyak 904 orang, bidan PTT sebanyak 42.245 orang dan tenaga tim nusantara sehat sebanyak 4.310 orang.

 

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com