Tampilan Desktop


Pengembangan Padi Gogo Butuh Dukungan Pemerintah
50 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Fakultas Pertanian saat ini tengah mengembangkan padi gogo, suatu varietas padi yang tahan terhadap kekeringan.

Dekan Fakultas Pertanian UHO, I Gusti Ray Sadimantara mengatakan, padi gogo unggul lokal yang tengah dikembangkan pihaknya dapat digunakan sebagai sumber benih untuk perluasan penanaman padi gogo di Sultra. Apalagi Sultra memiliki kurang lebih 600 ribu hektar (ha) lahan kering yang sangat potensial untuk pengembangan padi jenis ini. (Artikel terkait: Kalau Pemikiran Profesor Ini Terwujud, Nasinya Orang Sultra Enak-Enak )

Sayangnya, pengembangan padi gogo unggul lokal yang berpotensi produksi tinggi dan tahan terhadap cekaman lingkungan ini belum begitu maksimal dilakukan karena keterbatasan dana.

“Sekarang kita masih terus melakukan pengembangan (padi gogo). Tapi belum begitu maksimal karena saat ini lagi musim kering sehingga kita belum bisa melakukan penanaman. Selain itu juga karena kita memang keterbatasan dana untuk membiayai penelitian-penelitian tersebut,” kata Gusti belum lama ini.

Sementara itu, Rektor UHO Usman Rianse mengatakan, pihaknya bertanggung jawab untuk memajukan pertanian di Sultra sebagai bentuk dari tridharma perguruan tinggi. Namun, hal itu tidak bisa dilakukan sendiri tanpa ada kerjasama dari pihak lain, termasuk dukungan dana dari pemerintah daerah.

“Sekarang ini kita seperti kerja sendiri-sendiri, perguran tinggi kerja sendiri, pemerintah pun kerja sendiri. Tapi masalah bukannya berkurang malah terus bertambah. Di sinilah kita butuhkan kerjasama antara dunia kampus dengan pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” terang Usman di Kendari, Jumat (11/9/2015).

Menghadapi pasar global, kata Usman, mutu produk pertanian khususnya bahan pangan menjadi syarat mutlak yang tidak dapat ditolak. Oleh karena itu, ia berharap semua pihak untuk bersama-sama berperan mewujudkan pangan yang aman, bergizi, dan harga terjangkau bagi seluruh masyarakat di bumi Anoa ini.

 

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com