Tampilan Desktop


Pengusiran Wartawan, Kabid KU Satpol PP Koltim Segera di BAP
26 Dibaca

Pengusiran Wartawan, Kabid KU Satpol PP Koltim Segera di BAP

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA– Kepala Bidang Ketertiban Umum (BKU) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kolaka Timur, Sion Sidupa akan segera menghadiri panggilan kepolisian Sektor Rate-Rate, Sabtu (16/4/2016).

Surat panggilan yang dilayangkan kepada Sion Sidupa adalah pemeriksaan sebagai saksi untuk dilakukan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh Reskrim Polisi Sektor (Polsek) Rate-Rate.

“Saya sudah antarkan surat panggilan kepada Sion Sidupa, pada hari Kamis kemarin, dan akan dilakukan pemeriksaan sebagai saksi besok,” kata Aiptu Hasrun melalui via sms.

Sion Sidupa harus berurusan dengan polisi lantaran melakukan pengusiran terhadap wartawan, saat terjadi pertikaian di internal Humas Pemda Koltim, antara Kabag Humas, Faisal dan anggotanya, Abdul Razak yang menjabat sebagai kasubag dokumentasi dan pemeritaan beberapa waktu lalu.

Kemudian wartawan media ZonaSultra.com, Jaspin bersama Wartawan Kendari Pos Ramadhan Haki melakukan konfirmasi soal kejadian tersebut kepada seorang staf Humas Koltim, Ramliyanto yang kebetulan terlibat dalam kejadian tersebut.

Tiba-tiba, Sion mengamankan wartawan media zonasultra.com yang sedang menanyai Ramliyanto, dengan memerintahkan anggota Sat-Pol PP untuk digiring keluar dari Sekretariat Bupati Koltim. “Amankan dia,” perintah Sion kepada anggotanya.

Lalu wartawan Kendari Pos pun menahan upaya pengusiran tersebut. “Jangan usir itu wartawan yang sedang meliput,” ujar Ramadhan.

Sion pun kembali mempertanyakan identitas wartawan karena melarang upaya pengusiran tersebut.

Meski wartawan telah menunjukan identitasnya, namun upaya wawancara kepada Bupati Koltim, Tony Herbiansyah yang kebetulan keluar dari ruanganya tetap saja dihalang-halangi oleh Sion.

“Saya mau wawancara pak bupati. Jangan halangi pak,” pinta sejumlah jurnalis.

Namun Sion tetap saja menghadang sembari memerintahkan anggota Sat Pol-PP untuk mengamankan wartawan. Adu argumen pun tak bisa dielatkan. Lalu kemudian, Tony Herbiansyah mendengar debat tersebut dan memanggil awak media.

“Anda tidak boleh halangi wartawan. Mereka itu mitra. Tidak bisa mereka dihalang-halangi,” kata Tony sebelum naik di atas mobilnya. (B)

 

Penulis : Jaspin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com