Tampilan Desktop



Penuhi Kebutuhan Uang Selama Ramadhan, BI Siapkan Dana Rp 2 Triliun
59 Dibaca

Penuhi Kebutuhan Uang Selama Ramadhan, BI Siapkan Dana Rp 2 Triliun BI MEDIA KONFERENSI – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Minot Purwahono saat memberikan pemaparan terkait pertumbuhan perekonomian dan pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2017 di Hotel Grand Clarion Kendari, Rabu (24/5/2017). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Demi memenuhi kebutuhan uang masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2017, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sultra telah menyiapkan dana sebesar Rp 2 triliun.

Kepala BI Sultra Minot Purwahono mengatakan, kebutuhan masyarakat terhadap uang Rupiah diproyeksikan meningkat 25 persen dari tahun lalu sebesar Rp 14 triliun menjadi sebesar Rp 17,5 triliun.

“Bank Indonesia memastikan kebutuhan tersebut akan dapat dipenuhi dengan baik dengan menyediakan uang sebesar Rp 2 triliun,” kata Minot saat menggelar konferensi pers di Hotel Grand Clarion Kendari, Rabu (24/5/2017).

Untuk kebutuhan uang layak edar (ULE) masyarakat Kota Kendari untuk bertransaksi di bulan Ramadan, BI membuka layanan penukaran uang melalui loket penukaran di kantor BI setiap Selasa dan Kamis pukul 09.00 Wita sampai dengan 11.30 Wita.

Guna meningkatkan layanan kepada masyarakat, Bank Indonesia Sultra bekerja sama dengan perbankan di Kota Kendari menyelenggarakan “Kas Keliling Bersama Ramadhan” yang diselenggarakan setiap Senin dan Rabu selama bulan Ramadhan yaitu 5, 7, 12, 14, 19, dan 21 Juni 2017. Dia menyebutkan lokasi penukaran bertempat di dua titik yaitu di pintu masuk Mall Mandonga dan Pasar Sentral Kota Kendari. “Pukul 09.00 Wita sampai dengan 12.00 Wita,” kata dia.

Sementara untuk masyarakat di luar Kota Kendari, BI Sultra melakukan pelayanan kas keliling luar kota pada minggu kedua dan minggu ketiga Ramadhan di tiga kabupaten yaitu Unaaha, Kabupaten Konawe, Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan, dan Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan.

Untuk mengoptimalkan distribusi uang kartal ke seluruh wilayah Sultra, dilakukan dropping dana pada kas titipan Bank Indonesia di dua lokasi kas titipan yaitu kas titipan Baubau untuk memenuhi kebutuhan uang di wilayah Baubau, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, Raha, dan Wakatobi.

“Dan kas titipan Kolaka untuk memenuhi kebutuhan uang di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, dan Kolaka Timur,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com