Tampilan Desktop


Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Saat Musim Kemarau
30 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Saat musim kemarau seperti sekarang ini, masyarakat Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), perlu mewaspadai sejumlah penyakit yang kerap melanda.

Seperti yang diutarakan Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Kadinkes dan KB) Bombana, Sunandar, penyakit tersebut berupa diare dan muntaber, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan untuk anak- anak penyakit yang rawan menyerang  yakni gatal- gatal  atau alergi.

“Saat kemarau seperti ini, debu bertebaran kemana- kemana dan dapat mencemari lingkungan dan pastinya tidak steril sehingga penyakit- penyakit dapat saja masuk,” ungkap Sunandar saat ditemui, Selasa (11/8/2015).

Agar tidak terkena penyakit tersebut lanjutnya, masyarakat harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk mencegahnya seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan dan setelah buang air besar, kemudian meminum air yang memenuhi syarat kesehatan dan makan makanan yang bergizi seimbang serta memakai masker bila naik motor atau jika sedang flu agar tdk menular ke orang lain.

Dari sejumlah penyakit tersebut khususnya diare sudah diderita delapan warga Bombana dan dirawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat. Sedangkan penyakit lainnya seperti ISPA dan alergi belum ada yang sampai opname.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com