Tampilan Desktop

Penyalahguna Narkoba di Sultra Didominasi Usia Produktif
39 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkapkan penyalahguna narkoba di Sultra didominasi oleh kalangan usia produktif.

ilustrasi narkoba

Ilustrasi

“Ini tentunya sangat merugikan, di usia yang seharusnya mereka bisa lebih berprestasi di segala bidang, malah harus rusak karena narkoba,” kata Kepala Bagian (Kabag) Umum BNNP Sultra Alamsyah Djufri di ruang kerjanya, Selasa (22/11/2016).

Alamsyah menambahkan, salah satu faktor yang mengakibatkan orang menjadi penyalahguna narkoba adalah pergaulan. “Kan rata-rata pemakai ini bermula dari tawaran rekannya, jadi kalo salah bergaul bisa fatal,” ujarnya.

Kepada Zonasultra.com, Alamsyah menyebutkan bahwa pihaknya pada 2015 lalu berhasil mengungkap tujuh kasus dan mengamankan 12 orang tersangka, sedangkan di tahun 2016 ini, jumlah kasus meningkat menjadi 12 kasus dan tersangka yang diamankan sebanyak 16 orang. Dari keseluruhan, mayoritas tersangka diamankan di Kota Kendari.

“Kita banyak mengamankan para pengguna ini di tempat hiburan malam,” ucap Alamsyah.

Alamsyah menghimbau agar seluruh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Kota Kendari untuk berhati-hati dalam bergaul. Karena menurut Alamsyah, penyalahgunaan narkoba selalu berawal dari ajakan teman.

“Untuk orang tua agar lebih memantau anak-anaknya agar tidak salah pergaulan, jangan sampai anaknya bergaul dengan para pecandu dan akhirnya ikut-ikutan. Kalau sudah kecanduan, itu akan sangat merugikan. Bukan cuma kesehatannya, juga ekonomi dan keluarganya,” tutup Alamsyah. (B)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor : Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com