Tampilan Desktop


Penyalahgunaan Narkotika di Sultra Memperihatinkan, BNNP Sultra Sinergi Dengan Instansi Berantas Narkotika
66 Dibaca

ZONASULTRA. COM, KENDARI – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pertemuan dengan sejumlah instansi , guna mensinergikan persepsi dalam rangka pemberantasan narkotika diwilayah Sultra.

Pertemuan yang dilakukan di kantor BNNP Sultra itu, dihadiri oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso, Danrem 143/HO Kolonel Czi Rido Hermawan, Kalapas Kendari, Kejaksaan, Kanwil, Kemenkumham, Imigrasi, Bea dan Cukai, Pengadilan, dan Kementrian Sosial dan Kesehatan.

Kini BNNP Sultra Dijabat Perwira Polri, Ini Program Kerjanya

Fauzan Jamal

Kepala BNNP Sultra, Fauzan Djamal mengatakan, forum pertemuan tersebut bertujuan untuk membuat sinergitas kementrian lembaga yang terkait dengan penegakan hukum dalam rangka menekan angka penyalahgunaan narkotika diwilayah Sultra.

“Kita baru pertama kali melakukan pertemuan ini, makanya kita bersinergitas dulu menyatukan persepsi dulu. Bahwa angka penyalahgunaan narkotika di sultra sangat memprihatinkan, utamanya bagi para pengguna dan pengedar sudah terlalu banyak” tuturnya, Selasa (1/3/2016).

Menurutnya, pemberantasan narkotika di Sultra bukan hanya tanggung jawab Badan Narkotika Nasional (BNN). Namun juga menjadi tugas semua element yang ada di Sultra. Sultra sendiri, saat ini masih menduduki peringkat terbawah penyalahgunaan narkotika, namun BNNP Sultra terus melakukan antisipasi terkait hal itu.

“Kalau dia positif pengguna narkoba tapi tidak ditemukan barang bukti, maka itu kita akan lakukan rehabilitasi. Tapi kalau ada barang bukti kita proses secara hukum” ujarnya.

Iya pun menanggapi, terkait adanya dugaan penghuni Lapas di Sultra yang menjadi pucuk atau pengedar narkotika yang mendekam didalam lapas yang menjadi aktor peredaran narkotika di Sultra. “Nanti kedepan kita akan berkoordinasi dengan Kakanwil untuk melakukan kegiatan semacam operasi, supaya kita dapat menekan angka atau ditribusi pengendali narkotika dalam lapas itu. Kita belum membahas secara teknis, karena ini baru pertemuan pertama kali” tutupnya.

Pihaknya pun belum bisa memastikan, penghuni Lapas didaerah mana yang ada di Sultra yang menjadi aktor peredaran narkotika. Hal itu nantinya akan kembali dikaji dengan melakukan koordinasi dengan pihak Kakanwil. Nantinya guna menghindari bocornya operasi di Lapas maupun Rutan, BNNP Sultra juga telah mempersiapkan strategi khusus untuk menangkap pelaku pengedar narkotika yang berada didalam Lapas.

 

Penulis: Randi
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com