Tampilan Desktop



Penyaluran Pembiayaan Pegadaian Kendari Capai Rp 65,3 Miliar
38 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Pegadaian (Persero) Cabang Kendari mencatat penyaluran pembiayaan kepada masyarakat atau Outstanding Loan (OSL) mencapai Rp 65,3 miliar atau sebesar 96,13 persen dari target Rp 67,9 miliar.

Pimpinan Pegadaian Cabang Kendari, Anwar Yusuf mengatakan, selain penyaluran pembiayaan yang hampir mencapai target, jumlah nasabah pegadaian Kendari juga sudah sebanyak 11.194 orang dari target 11.424 orang. Selain itu, jumlah rekening aktif telah mencapai 19.183 akun.

Penyaluran Pembiayaan Pegadaian Kendari Capai Rp 65,3 Miliar

Ilustrasi

“Mudah-mudahan dengan sisa sembilan hari terakhir Desember 2016 ini bisa tercapai target tersebut,” kata Anwar saat di temui di Kantor Pegadaian Jalan Mayjen Sutoyo Kendari, Rabu (21/12/2016).

Sementara, produk yang paling diminati selain gadai yaitu kreasi dan mulia. Kreasi, jelasnya, merupakan pengembangan peningkatan usaha-usaha kecil menengah dengan jaminan BPKB kendaraan motor dan mobil. Namun, jaminan BPKB motor dengan masa 15 tahun terakhir, sedangkan mobil 10 tahun terakhir.

Sedangkan, mulia atau emas batangan merupakan instrumen investasi. Nasabah boleh mencicil selama tiga tahun, mulai dari satu gram sampai satu kilogram. Keunggulan gadai mulia adalah karena trend harga emas itu mengalami kenaikan.

Dia mengungkapkan bahwa di pegadaian setelah deal harga hari ini, maka cicilan emas tidak mengalami kenaikan. Nasabah tetap membayar cicilan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Adapun agunan yang paling mendominasi untuk mendapatkan pembiayaan di Kota Kendari adalah emas sebesar 92 persen. Sedangkan delapan persen tersebut adalah mobil, motor, laptop, kamera, handphone, elektronik, dan handycam.

“Emas lebih mendominasi karena trend harga yang selalu, sedangkan yang lainnya mungkin karena, harganya yang bisa saja turun, dengan munculnya produk baru,” jelasnya.

Anwar juga menambahkan, kalau produk lain, seperti multi payment online yang sifatnya pembayaran, oleh pegadaian telah dilakukan pelayanan.

“Seperti bayar rekening listrik, bayar telepon, beli pulsa, televisi kabel, telepon pasca bayar, dan BPJS,” terangnya.

Anwar mengklaim, masyarakat banyak meminati produk pegadaian, karena proses pencairan kredit tidak terlalu lama dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Jadi, jika gadai itu, pihaknya mengestimasi waktu hanya 10 sampai 15 menit, kredit sudah dicairkan. Selain itu, secara umum masyarakat Kota Kendari senang berinvestasi. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free