Tampilan Desktop


Per Juni, DPT Wakatobi Capai Angka 64.999 Pemilih
93 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) per Juni 2015 mencapai angka 64.999 Jiwa. Jumlah ini berdasarkan data validasi Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Kabupaten Wakatobi.

“Data tersebut pada tanggal 3 Juni 2015 dari Mendagri diserahkan Ke KPU Pusat dan KPU Pusat meneruskannya ke KPU Provinsi dan kabupaten-kabupaten se Sultra termasuk Kabupaten Wakatobi. Hanya saja kami menjelaskannya dalam bentuk jumlah baku penduduk kalau DPT itu sepenuhnya pihak KPU,” ungkap Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Wakatobi Subair, ditemui di ruang kerjanya, Senin(6/7/2015)

Untuk keseluruhan data penduduk dari 4 daerah pemilihan (Dapil), Subair mengaku pihaknya sementara melakukan validasi, sebab ada target pemulihan data penduduk tersebut harus dilaporkan setiap 6 bulan sekali sehingga ia belum memastikan seberapa besar pertumbuhan penduduk Waktobi.

Sebelumnya, pada tahun 2014 lalu, data penduduk Kabupaten Wakatobi yang dikeluarkan dinas catatan sipil dan kependudukan berbeda dengan data kemendagri. Perbedaannya pun cukup besar dan mempengaruhi DPT, di mana data penduduk versi dinas catatan sipil sebanyak 107.799 jiwa sementara berdasarkan data kemendagri membengkak hingga 128.000 jiwa.

Pembengkakan data tersebut, termasuk angka DPT kata Subair bakal mendapat perhatian serius tahun ini. Apalagi momentum perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan 9 Desember mendatang sehingga kepastian validasi data, terutama DPT dapat dipastikan terjamin sehingga kualitas demokrasi tetap terjaga.

“Kita upayakan pembengkakan tersebut bersih dan tidak ada lagi, dari KPU sendiri mereka punya tim khusus mendata demikian juga dinas ini ada laporan per semester lalu untuk pemilih pemula kami siapkan perekaman E-KTP, meskipun belum ada blanko KTP tapi kita rekam saja agar terdaftar sehingga yang bersangkutan dapat memilih,” jelas Subair.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com