Tampilan Desktop


Perairan Laut Konut Tertutup Asap
30 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Kabut asap kini mulai menyelimuti seluruh wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). Kabut asap ini mulai mengganggu jarak pandang pengguna kendaraan.

Dari pantauan awak zonasultra.com, kabut asap yang terlihat cukup parah terjadi disekitar laut pantai Molawe. Hingga dari puncak Desa Awila, laut Kecamatan Molawe yang biasanya terlihat terang kebiruan. Namun, sejak Jum,at pagi (23/10/2015) hingga sore hari air laut tidak terlihat akibat akibat tertutup kabut asap.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Konut, Ikhwan Porosi membenarkan jika wilayah Konut sudah ditutupi oleh kabut asap. Dugaan sementara kabut asap kiriman dari Kabupaten Malili, Mamuju, Morowali, dan Kolaka Utara.

Pihaknya belum bisa memastikan sepenuhnya apakah kabut asap yang ada berasal dari kebakaran hutan di Konut atau kabut asap kiriman dari daerah tetangga yang saat ini dilanda kebakaran.

“Dilihat dari lokasi, wilayah kita boleh jadi dugaan besar kemungkinan sumber asap berasal dari daerah tetangga. Tapi kita akan lihat satu dua hari ini bagaimana perkembangannya,” kata Ikhwan Porosi.

Ikhwan memastikan tidak ada kebakaran hutan di wilayah Konut. Pihaknya telah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk mengidentifikasi keadaan hutan di wilayah Konut.

Kepala BPBD Konut, Bakring Haruna mengatakan, kabut asap yang masuk wilayah Konut ditenggarai akibat kebakaran yang melanda beberapa kabupaten tetangga dan daratan Sulawesi. Sehingga dampaknya sampai di wilayah Konut.

“Ini akibat kebakaran di wilayah kabupaten tetangga. Makanya berimbas di sini,” kata Bakrieng Haruna.

Untuk di Konut sendiri, kebakaran hutan belum teridentifikasi keberadaannya. Apalagi belum ada laporan mengenai adanya pembakaran lahan.

“Saya minta masyarakat tetap waspada. Kami juga sudah menyiapkan satu unit mobil pemadam kebakaran,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com