Tampilan Desktop

Perbaikan Infrastruktur Jalan, 7 Kecamatan di Konsel Kecipratan Dana Rp 8,4 Miliar
44 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) RI menggelontorkan anggaran sebesar Rp 8,4 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan di tujuh kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra). Perbaikan tersebut untuk memudahkan masyarakat setempat menjual hasil pertanian, perikanan dan peternakan ke daerah pemasaran.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Konsel, Saala mengatakan, tujuh kecamatan yang mendapatkan bantuan pembangunan infrastruktur jalan adalah Kecamatan Anggata, Basala, Lalembuu, Andoolo, Buke, Palangga dan Baito.

“Anggarannya itu untuk membuka aksebilitas peningkatan ekonomi. Intinya pembangunan infrastruktur yang dapat mengangkut hasil bumi masyarakat pedesaan, melalui transportasi dari tempat produksi baik itu pertanian, perikanan atau peternakan ke daerah pemasaran,” kata Saala, Jumat (27/5/2016)

Dalam satu kecamatan, lanjutnya, mendapatkan anggaran sekitar Rp 1,2 miliar, dimana pada tiap kecamatan terdapat dua sampai empat desa usaha pertumbuhan ekonomi masyarakat

“Kalau kita ratakan saja 3 desa tiap kecamatan, maka sebanyak 21 desa yang akan mendapatkan bantuan tersebut dengan kisaran masing-masing desa yaitu Rp 400 juta,” ujarnya.

Terkait penempatan wilayah yang bakal diberikan bantuan, tambah Saala, merupakan kewenangan pihak pemerintah kecamatan karena pusat perencanaan ada di kecamatan berdasarkan hasil peninjauan desa mana yang berpotensi memiliki produksi terbesar.

Terkait rencana untuk sharing anggaran, maka hal tersebut tergantung dari penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang ada di desa tersebut, karena pada tiap desa itu pasti memiliki (mendapatkan) anggaran.

Oleh karena itu, pihaknya berharap agar tujuh kecamatan itu dapat berkoordinasi dengan pihak desa dan instansi terkait. Sehingga rencana pembangunan infrastruktur ekonomi wilayah tidak tumpang tindih dengan pembangunan lainnya yang berasal dari proyek pusat, povinsi, kabupaten dan desa. (B)

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor : Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com