Peringati Hari Apoteker Sedunia, Konawe Komitmen Perangi Obat Illegal

0
Peringati Hari Apoteker Sedunia, Konawe Komitmen Perangi Obat Illegal
IAI - Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama dengan Pemerintah Daerah Konawe, berkomitmen untuk terus memerangi peredaran obat-obatan ilegal. (Dedi Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

Peringati Hari Apoteker Sedunia, Konawe Komitmen Perangi Obat Illegal IAI – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama dengan Pemerintah Daerah Konawe, berkomitmen untuk terus memerangi peredaran obat-obatan ilegal. (Dedi Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), bersama dengan Pemerintah Daerah Konawe, berkomitmen untuk terus memerangi peredaran obat-obatan ilegal.

Komitmen ini dituangakan dalam penandatangganan Komitmen yang bertujuan guna menyikapi maraknya peredaran obat illegal dan penyalahgunaan obat dikalangan anak-anak dan remaja dan bahkan telah menelan korban jiwa.

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Konawe Asri Demara mengungkapkan tema peringatan melalui peringatan ini, pihaknya sudah menghimpun para apoteker untuk tidak melayani adanya transaksi obat kepada masyarakat tanpa disertai resep resmi dari dokter yang menangani pasien tersebut.

“Ada enam poin dalam pernyataan sikap perangi obat illegal ini, pertama obat ilegal adalah obat yang berbahaya, dan untuk itu kami IAI Konawe dengan ini menyatakan perang melawan obat illegal. Kedua, kami mendukung sepenuhnya upaya Badan POM, POLRI, Dinas Kesehatan beserta Pemerintah Daerah dalam pengawasan dan pemberantasan peredaran obat illegal di lingkungan masyarakat.

Selanjutnya Ketiga, Apoteker siap bekerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya melindungi masyarakat dari peredaran obat illegal. Keempat, Apotek adalah tempat praktek resmi Apoteker yang dilindungi oleh UU, sehingga pembinaan dan pengawasannya menjadi kewenangan Badan POM, Dinkes dan IAI, Kelima, menginstruksikan kepada seluruh Apoteker untuk melaksanakan praktek secara bertanggungjawab dengan tidak memperjualbelikan obat daftar G secara bebas yang sering disalahgunakan. Dan terakhir menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan pengawasan dan memberi perhatian l kepada anak~anak dan anggota keluarga lainnya untuk meminimalkan pengaruh negative media dan lingkungan yang berpotensi merusak masa depan mereka

Sementara itu, Sekda Konawe, Ridwan Lamaroa berharap agar para Apoteker bisa bekerja secara profesional dan memerangi penyebaran obat ilegal di Kabupaten Konawe. Karena kondisi tersebarnya obat ilegal sudah sangat mengkhawatirkan, hal ini bisa membahayakan generasi muda di Konawe.

“Kami sangat berharap peran aktif dari apoteker dalam hal pemberantasan obat-obatan illegal, agar kasus yang baru-baru ini terjadi di Kota kendari tidak menimpah daerah kita,” terangnya di Konawe Jumat. (B)

 

Penulis : Dedi Finafiskar
Editor : Tahir Ose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here