Tampilan Desktop


Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemda Konsel Tanam 4.000 Pohon
21 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Refleksi peringatan hari sumpah pemuda, Rabu (28/10/2015), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), mencanangkan penanaman 4.000 pohon jenis  trambesi, mahoni, tanjung dan angsana.

Penanaman pohon tersebut  berlokasi di kawasan olahraga terpadu Kabupaten Konsel dengan luasan 40 hektar. Kegiatan ini diikuti ratusan orang  yang terdiri dari PNS lingkup pemda setempat, anggota Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3), organisasi kepemudaan (KNPI dan karang taruna) dan organisasi lainnya.

Pelaksana harian Sekertaris Daerah (Sekda) Konsel Yuliana yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, penanaman ribuan pohon ini juga merupakan salah satu bentuk keprihatinan atas adanya kejadian kabut asap yang telah terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.

“Penanaman pohon ini merupakan kepedulian Pemda Konsel terhadap usaha kelestarian lingkungan dan turut prihatin atas bencana asap yang menimpa di beberapa daerah,” jelas Yuliana.

Dengan demikian diharapkan tema satu untuk bumi, itu menjadikan pemuda untuk terus menjaga lingkungan dengan hutan belantaranya agar hewan dan tanaman yang hidup dapat berkembang biak dan hidup bebas dialamnya.Disamping itu pula, seluruh pemuda dan masyarakat Konsel agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang berbau SARA, kemudian tidak tergangantung pada orang lain serta mampu memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dengan bijaksana

Hal senada diungkapkan Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Konsel Masruddin. Ia berharap kegiatan yang dilakukan pemda ini dapat mendorong pemuda untuk mampu memberikan kontribusi yang baik untuk dirinya, daerah dan bangsa.

“Dalam arti tema satu untuk bumi tersebut paling tidak melaksanakan penghijauan yang tidak terpusat disini saja tetapi di lingkungan dan desanya,” kata Masruddin.

Ketua Karang Taruna Konsel Abdul Malik Silondae  yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, apa yang dilakukan tersebut bukan hanya sekedar seremonial. Hal ini menurutnya juga menjadi  bagian membangun semangat kembali dari pada jiwa muda sehingga lebih kuat berjuang untuk membangun daerah.

“Itu didasarkan oleh jiwa dan semangat begitu tinggi. Tentu ini akan kita tindak lanjuti sampai ke tingkat bawah. Semoga dengan mometum sumpah pemuda ini menjadi titik tolak untuk menunjukkan kepiawaiannya,” ujar Malik.

Sementara itu Sekertaris KNPI Konsel Sutamin Rembasa menerangkan, pihaknya akan melakukan penyampaian kepada seluruh kader serta OKP lain dalam rangka mensosialiasikan  kegiatan tersebut serta pelarangan pembakaran hutan secara membabi buta.

“Harapan kita supaya lingkungan atau wilayah konsel bebas dari pengrusakan maupun pembakaran yang berakibat pada polusi,” tuturnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com