Tampilan Desktop

Peringati HKN, Antam Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah
51 Dibaca

Peringati HKN, Antam Gelar Bakti Sosial dan Donor Darah

DONOR DARAH – Management PT Antam UBPN Sultra melakukan foto bersama PWAT usai menggelar kegiatan bakti sosial dan donor darah di RS Antam Pomalaa, Selasa (8/11/2016). (FOTO: ISTIMEWA)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2016, PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan bakti sosial dan donor darah di Rumah Sakit Antam Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Selasa (8/11/2016) lalu.

Public Relation Assistant Manager Antam UBP NIkel Sultra, Umar dalam keterangan persnya, Jumat (11/11/2016) menjelaskan, selain peringatan HKN, kegiatan itu juga masih dalam rangkaian HUT Antam tahun ini.

Umar mengatakan, kegiatan donor darah sudah jadi rutinitas Antam, baik itu Antam sendiri maupun bekerja sama dengan Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT).

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, bahkan hingga tiga kali dalam setahun,” tulis Umar.

Karena RS Antam Pomalaa tak memiliki bank darah untuk menampung darah para pendonor, maka mereka bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka dan Unit Transfusi Darah RS Benyamin Guluh Kolaka untuk menampung darah tersebut.

Para pendonor mayoritas karyawan Antam, mitra kerja Antam, anggota TNI 725 Woroagi serta warga setempat. Pada kegiatan donor darah kali ini, Antam berhasil mengumpulkan 170 kantong darah.

“Donor darah ini sudah berjalan sekitar sembilan tahunan dan diikuti oleh karyawan dan karyawati, mitra kerja Antam serta stakeholder lainnya,” katanya.

Selain donor darah, pada kesempatan itu, management Antam UBPN Sultra juga menggelar anjangsana ke pasien yang menjalani perawatan medis di RS Antam Pomalaa. Para pasien ini rata-rata merupakan pensiunan karyawan Antam.

“Dalam anjangsana ini, management Antam menyerahkan bingkisan kepada para pasien sebagai motivasi bagi mereka untuk segera sembuh dari sakitnya,” ujar Umar.

Sementara itu, General Manager Antam UBPN Sultra Tri Hartono menjelaskan, setiap kali melakukan kegiatan donor darah, RS Antam Pomalaa mampu mengumpulkan 150 hingga 200 kantong darah dari pendonor. Walau begitu, pihaknya tidak menargetkan jumlah kantung darah yang harus dipenuhi dalam kegiatan itu.

“Ini kan aksi bakti sosial, sifatnya sukarela. Jadi kita tidak memaksakan karyawan untuk ikut. Tapi kami tetap menyiapkan sampai 200 kantung darah,” ujar Tri Hartono saat meninjau pelaksanaan donor darah.

Di tempat yang sama, Hospital Manager RS Antam Medika Pomalaa drg. Muhammad Arfah menuturkan, donor darah dari sisi kesehatan sangat banyak manfaatnya. Sebab dalam kurun waktu tiga bulan, darah akan dihancurkan sendiri oleh tubuh. Karena itu sebelum dihancurkan, sebaiknya didonorkan.

“Dengan donor, akan merangsang pembentukan sel-sel darah baru. Makanya setelah mendonor, pendonor akan merasa segar,” kata dr Arfah

Selain itu, kata dia,  ada satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan terapi. Seperti HB-nya tinggi yang terapinya tidak ada selain donor darah, karena HB yang tinggi membuat darah kental sehingga beresiko terjadi penyumbatan pembuluh darah.

“Manfaat lainnya kita bisa beramal, karena satu tetes darah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sangat membutuhkan, apalagi saat sekarang musim dimana cuaca tidak menentu sehingga terkadang banyak genangan air yang menimbulkan sarang nyamuk DBD. Biasanya bulan seperti ini trend peningkatan DBD, itu kan resiko salah satunya kematian karena pendarahan dan dibutuhkan banyak darah,” tutup  Arfah. (B)

 

Reporter: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com