Tampilan Desktop


Perjuangkan Hak, BPD se Butur Bentuk Forum
25 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Seluruh Badan Permusyarawatan Desa (BPD) di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) hari ini, Minggu (5/7/2015) membentuk Forum Perhimpunan Badan Permusyawaratan Desa (PBPD). Forum ini dibentuk untuk memperjuangkan hak serta mengangkat martabat lembaga BPD. Selain itu, forum ini juga akan memperjuangkan kemandirian pemerintah desa dan masyarakat. 

Salah seorang inisiator terbentuknya forum PBPD, Ali Janatin mengatakan, pembentukan dan pendirian forum ini akan dijadikan sarana komunikasi, fasilitasi, koordinasi, mediasi, advokasi dan perjuangan aspirasi hak-hak anggota BPD. Perhimpunan ini juga akan menjadi wadah untuk menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah dalam berbagai permasalahan yang menyangkut kepentingan desa.

“Selama ini BPD terpinggirkan oleh Pemda atau lembaga lainnya. Hal itu terlihat dari keluarnya peraturan baru menyangkut hak dari anggota BPD yang kami anggap diluar kewajaran. Karenanya, dengan adanya himpunan ini dapat meningkatkan komunikasi dengan Pemda untuk kepentingan masyarakat di desa serta hak para anggota BPD,” kata Ali di sela-sela pembentukan forum di rumah salah satu anggota BPD Butur di Desa Loji Kecamatan Kulisusu.

Ke depan, lanjut Ali, PBPD akan selalu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi anggota BPD dan masyarakat agar setiap anggota BPD dapat memahami tugas atau tupoksinya dalam mengawal dan mengawasi setiap pembangunan di desa, sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan.

Pertemuan ini dihadiri oleh 76 anggota BPD se Butur dan menghasilkan pengurus yang dipilih secara aklamasi. Tercatat, Ketua PBPD Butur ini dipercayakan kepada Ali Janatin, wakil ketua Hartono dan sekretaris Suhardin.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com