Tampilan Desktop


Permainan Tradisional dan Lomba Seni Meriahkan HUT RI ke 71 di Butur
213 Dibaca

Upacara pembukaan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 71 dan HUT Butur ke 9, Selasa (9/8/2016) sore.(Foto :Darmawan/ZONASULTRA.COM)

Upacara pembukaan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT RI ke 71 dan HUT Butur ke 9, Selasa (9/8/2016) sore.(Foto :Darmawan/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 di Kabupaten Buton Utara (Butur) bakal dimeriahkan dengan perlombaan seni dan permainan tradisional asli di daerah tersebut.

Demikian dikatakan Bupati Butur Abu Hasan saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan perayaan HUT RI di lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa (9/8/2016) sore tadi.

” Rangkaian kegiatan HUT RI yang juga dirangkaikan dengan HUT Butur ke 9 akan dilaksanakan lomba-lomba permainan dan seni tradisional untuk beberapa hari kedepan,” kata Abu Hasan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, tambah dia, untuk memperhatikan empat pilar, yakni munculnya nilai-nilai nasionalisme, nilai budaya, nilai sportifitas, nilai toleransi dam solidaritas.

“Dengan kegiatan ini akan memupuk jiwa nasionalisme kita sebagai warga negara Indonesia yang selalu mencintai bangsa dan negaranya. Karena Negeri ini merdeka dari jiwa nasionalisme pejuang kita, makanya kewajiban kita untuk selalu mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal yag positif,” tegasnya.

Dengan begitu, budaya harus selalu dilestarikan agar tak dimakan dengan jaman atau tidak terancam punah.

” Tanggung jawab juga kita semua untuk menjaga dan melestarikan budaya baik seni maupun permainan tradisional milik kita sendiri,” jelas mantan Kabiro Ortala Pemprov Sultra ini.

Sama halnya juga dengan solidaritas dan sportivitas. Seberapa besar ambisi untuk memenangkan pertandingan, tergantung sportivitas dan solidaritas yang dimiliki para peserta maupun juri yang terlibat didalamnya. Pasalnya, jika tak ada solidaritas sosial, sportivitas juga akan hilang. Maka juga akan hilang hubungan silahturahmi, jika hal itu terjadi maka akan hilang segala-galanya.

” Oleh karena itu, mari selalu menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme, nilai-nilai budaya, nilai-nilai sportivitas, nilai-nilai toleransi,” terangnya.

Kedepannya, kegiatan-kegiatan seperti itu akan menjadi kalender daerah dalam pelaksanaan perayaan HUT Butur maupun HUT Proklamasi.

Adapun jenis lomba seni yang akan dipertandingkan yaitu tari Lense, Ngibi, Manca dan lain sebagainya. Kemudian, untuk permainan misalnya sepak raga, sandika, mehule, mekoka dan beberapa permainan lainnya.

Sebelumnya, pada rangkaian acara pembukaan HUT RI ini diawali dengan devile, yang turut diikuti sebanyak 138 tim berasal dari berbagai kalangan.

Tim sebanyak itu nantinya bakal mengikuti lomba seni dan permainan tradisional yang akan dipertandingkan selama beberapa hari kedepan.Ribuan peserta ini melakukan divile dengan mengelilingi rute yang telah ditentukan oleh panitia. (B)

 

Reporter : Darmawan
Editor     : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com