Tampilan Desktop



Permandian Kali Topa di Buton, Pesona Wisata Nusantara
150 Dibaca

Gandeng Kepolisian, Kesbangpol Mubar Kendalikan Kamtibmas di Peringatan HUT RI Permandian Kali Topa

 

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Buton, merupakan daerah kepulauan yang memiliki banyak permandian, pantai/kali yang menyimpan pesona keindahan yang terpendam dan belum terlalu diketahui masyarakat luas.

Seperti halnya permandian Kali Topa yang ada di Desa Wabula Kecamatan Wabula. Dari Pasarwajo, ibukota kabupaten Buton ke permandian ini jaraknya hanya 22 kilometer atau 40 menit dengan menggunakan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor.

Di tempat ini, airnya bersih dan jernih. Walaupun aliran airnya menyatu dengan air laut, tapi airnya tetap tawar, karena banyaknya sumber mata air tawar yang muncul dari celah-celah batu.

Di sisi permandian, terhampar pasir putih yang membentang sepanjang sekitar satu kilometer. Pemandangan ini semakin menambah daya tarik tersendiri keindahan alam di permandian Kali Topa itu. Jejeran pohon kelapa yang tumbuh disela-sela rimbunnya habitat mangrove, semakin mempesona mata pengunjung wisata ini. Cantik sekali.

Beberapa anak kecil bahkan orang tua, meluapkan kegembiraannya berlarian di atas pasir putih yang halus. Sebagian anak kecil lainnya terlihat asyik berenang sambil bercanda. Di dalam permandian, terlihat beberapa orang dewasa maupun anak kecil berenang dan mengabadikannya didalam kamera ponselnya.

Firman (33), warga sekitar desa Wabula mengatakan, saat ini permandian Kali Topa menjadi salah satu lokasi wisata yang sedang digenjot oleh Pemerintah Kabupaten Buton dengan menjadikan desa itu sebagai desa Wisata.

Tak jarang, tiap hari minggu ataupun liburan panjang, banyak penggunjung datang menikmati ke indahan permandian tersebut.

Permandian Kali Topa

Permandian Kali Topa

“Warga desa selalu kerja bakti untuk membersihkan permandian ini. Jadi pemandangannya bersih. Sekarang sudah mulai banyak pengunjung. Ada yang datang dari Kota Baubau, Wakatobi, Kendari, Makasar, Ambon bahkan orang Jakarta,” kata Firman, Minggu (6/8/2017) kemarin.

Permandian Kali Topa sungguh menyimpan pesona keindahan. Sebab beberapa pengunjung yang datang ke permandian ini langsung mengabadikannya ke dalam kamera ponselnya.

Ansar (28), salah satu pengunjung dari Kelurahan Batulo, Kecamatan Pasarwajo, Kota Baubau, mengatakan, permandian Kali Topa sangat cantik dengan pasirnya yang putih. Sehingga saat tiba disini, kami merasa puas dan tidak menyesal, walaupun perjalanan kami memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit.

“Cantik sekali Permandian kali topa. Rasa capek di motor selama perjalanan tadi langsung terobati setelah melihat permandian ini,” kata Ansar.

Dia mengaku, bukan saja kali ini dia mengunjungi lokasi itu. Karena suasana dan tempat permandian kali topa sangat indah, cocok untuk dijadikan tempat refresing atau mengisi waktu luang.

Nah bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Buton, jangan lupa untuk datang menikmati Permandian kali topa nan menawan ini. (C)

 

Reporter : Nanang Suparman
Editor : Abdul Saban

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free