Tampilan Desktop


Pertarungan Elit Politik di Belakang 3 Paslon Walikota (Bagian- 2)
655 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pertarungan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kendari yang akan dihelat pada 23 Maret 2017 mendatang diikuti tiga pasang calon yakni Adriatman Dwi Putra dan Sulkarnain (ADP-Sul), Abdul Rasak-Haris Andi Surahman (Arrahman), dan Muhammad Zayat Kaimoeddin – Suri Syahriah Mahmud (Derik – Syahriah).

Ketiga paslon sudah melewati tahapan pendaftaran,  tes kesehatan dan saat ini memasuki tahapan verifikasi dokumen syarat calon hingga penetapan  resmi paslon yang akan bertarung memperebutkan kursi walikota dan wakil walikota kendari periode 2016-2021.

2. Abdul Rasak – Haris Andi Surahman

banner-rasak-harisKader PAN Abdul Rasak dan kader Golkar Haris Andi Surahman menjadi pasangan kedua yang mendaftar di KPU pada 22 September 2016 lalu. Pasangan ini selain memperkenalkan akronim Arrahman, juga ada akronim Rasak – Haris. Koalisi partai pengusung hanya 2 partai yakni Golkar (4) dan Nasdem (3). Pas 7 kursi sesuai syarat minimal koalisi pencalonan 20 persen dari total kursi DPRD Kendari 35 kursi.

Garda terdepan kekuatan politik pasangan ini adalah Nur Alam, mantan Ketua PAN 3 periode dan kini masih menjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) periode kedua. Banyak baliho Rasak selalu ada gambar Nur Alam.  Nur Alam juga sudah menyatakan dukungannya terhadap Rasak. Namun demikian saat ini Nur Alam masih direpotkan dengan kasus hukum yang menimpanya sebagai tersangka KPK.

Kepala daerah level bupati yang berada di garda depan pemenangan Rasak-Haris adalah Toni Herbiansyah, Bupati Kolaka Timur dan juga Ketua Nasdem Sultra. Namun demikian Toni tak hadir pada saat deklarasi maupun saat pendaftaran di KPU.

Di sisi Rasak-Haris saat ini ada nama mantan bupati Muna Ridwan Bae, Ketua Golkar Sultra yang juga Anggota DPR RI. Namun sama seperti Toni, Ridwan juga tak hadir saat deklarasi dan pendaftaran di KPU. Sejauh ini belum ada pernyatan Ridwan untuk memenangkan pasangan tersebut. Hanya memang tak bisa dipungkiri dukungan tersebut sudah pasti dengan adanya rekomendasi Golkar untuk Rasak-Haris.

Mantan Gubernur Sultra Ali Mazi juga masih terikat dengan pasangan ini dalam posisinya sebagai kader Nasdem. Berdasarkan pernyataan di media, Ali Mazi masih menunggu penetapan dari KPU pada 24 Oktober 2016 untuk turun tangan memenangkan pasangan tersebut.

Selain tokoh-tokoh penting tersebut, mantan walikota Kendari 2 periode Mansyur Masie Abunawas juga turut  berdiri di garda terdepan memenangkan Rasak-Haris. Mashur secara terbuka mendukung  dengan hadir dan memberikan orasi pada saat deklarasi Rasak Haris. Bahkan menyebut keluarga besar Abunawas mendukung penuh.

Di belakang Mashur, terdapat nama Lukman Abunawas yang saat ini menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) pemerintah provinsi Sultra. Hanya saja mantan bupati Konawe 2 periode tersebut belum memberikan pernyataan terbuka terkait dukungannya.  (A)

Artikel Terkait :
Pertarungan Elit Politik di Belakang 3 Paslon Walikota (Bagian- 1)
Pertarungan Elit Politik di Belakang 3 Paslon Walikota (Bagian- 3)

 

Reporter :  Muhamad Taslim Dalma
Editor :  Tahir Ose

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com